About

Information

Jumat, 15 Februari 2013

Ekonomi, Jumat 15 Februari 2013

Jumat, 15 Februari 2013 - 20:39:18 WIB
UKM Fesyen Se-Indonesia Segera Diidentifikasi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Jakarta) - UKM yang bergerak di bidang fesyen dan tekstil serta turunannya segera diidentifikasi dan diclusterkan agar lebih mudah dibina dan dikembangkan.

"Kami akan memfasilitasi dan menjembatani kepentingan mereka agar mampu meningkatkan produktivitas sekaligus kualitas produk," kata Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Neddy Rafinaldi Halim di Jakarta, Jumat (15/02).

Pihaknya akan menggandeng asosiasi perancang mode hingga para pengusaha besar agar memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UKM fesyen.

Menurut dia, UKM fesyen menempati posisi penting dan signifikan di Indonesia lantaran jumlahnya yang besar.

"Pelaku UKM Indonesia mencapai 55,3 juta pelaku usaha dan sekitar 10% adalah UKM fesyen, tekstil, dan turunannya. Mereka akan kita satukan dalam cluster fesyen," katanya.

Ia mengatakan, untuk tahap pertama pihaknya akan memetakan jutaan pelaku UKM fesyen tersebut yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.

Neddy menambahkan jika pemetaan telah menghasilkan data sebaran yang akurat, pihaknya akan membentuk cluster fesyen untuk mewadahi mereka.

"Dari sini kita akan berikan pelatihan, pendampingan, dan pembinaan tentang standarisasi, disain, perlindungan HKI, hingga promosi dan pemasaran produk," katanya.

Pihaknya mendorong usaha fesyen Indonesia terus berkembang menuju target Indonesia sebagai kiblat fesyen Muslim dunia pada 2025.

"Fesyen kita dorong untuk memantapkan tujuan kita menjadi leader, paling tidak pada tahun 2015 kita sudah akan kaya produk berbasis Muslim fesyen," katanya.

Pihaknya telah membangun pusat wirausaha muda yang salah satu divisi di dalamnya menangani fesyen berikut pembinaan kepada UKM pelakunya.

Kementeriannya juga telah membangun gedung promosi produk UKM termasuk fesyen lokal yakni SME Tower di UKM Gallery, selain juga telah membangun pusat pelatihan UKM di Ciawi, Jawa Barat.

"Ini kami harapkan mampu memfasilitasi UKM fesyen untuk lebih berkembang," kata Neddy Rafinaldi Halim. (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar