About

Information

Kamis, 14 Februari 2013

Ekonomi, Kamis 14 Februari 2013

Kamis, 14 Februari 2013 - 03:14:28 WIB
BKPM Targetkan Investasi Rp. 100 Triliun
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Jakarta) - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri menargetkan realisasi investasi pada triwulan I 2013 dapat mencapai angka Rp. 100 triliun.

"Ini `kan perhitungan sederhana, kalau targetnya Rp. 390 triliun, berarti setiap kuartalnya sekitar Rp. 100 triliun," katanya di Jakarta, Rabu (13/2).

Chatib mengatakan perhitungan angka tersebut tidak selalu linier, namun mengingat impor barang modal yang bermanfaat untuk mendukung investasi, meningkat tinggi, maka realisasi Rp. 100 triliun kemungkinan tercapai.

"Impor barang modal enam bulan lalu `growth`nya diatas 23 persen, jadi kalau sekarang investasi kita 70 sekian persen, 23 persen itu mestinya mendekati angka (Rp. 100 triliun)," katanya.

Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan BKPM untuk mencapai target investasi per triwulan Rp. 100 triliun adalah dengan memperbaiki birokrasi pengisian formulir perizinan sebagai bagian dari kemudahan berusaha. "Ini ada signifikansi, mungkin akan kita potong sampai 50 persen dalam tahap pertama, sampai nanti bisa sangat sederhana," katanya.

Chatib mengatakan BKPM segera melakukan sosialisasi terkait rencana tersebut dengan para pelaku bisnis, sehingga kebijakan kemudahan pengisian form perizinan dapat efektif berlaku mulai awal Maret. "Aturan itu sendiri sudah siap, tinggal kita uji coba dan `launch` akhir bulan ini atau awal bulan depan. Kita ingin aturan ini bisa dilakukan sebaik-baiknya dan semua pihak bisa mengantisipasi," ujarnya.

Ia mengharapkan dengan upaya perbaikan birokrasi tersebut, serta iklim investasi yang membaik sejak tahun lalu, maka target realisasi sebesar Rp. 390 triliun pada akhir 2013 dapat tercapai. "Kita usahakan mudah-mudahan dengan peraturan yang dipangkas dan `online` sistem, semuanya menjadi lebih mudah," kata Chatib. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar