About

Information

Selasa, 12 Februari 2013

Ekonomi, Selasa 12 Februari 2013

Selasa, 12 Februari 2013 - 02:33:25 WIB
Kuartal Pertama, Harga LPG 12 Kg Naik
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Jakarta) - Gas LPG (elpiji) kemasan 12 kilogram yang nonsubsidi akan dinaikkan harganya pada kuartal pertama 2013, walau PT. Pertamina Persero belum menyebutkan angka kenaikan itu.

Direktur Utama PT. Pertamina, Karen Agustiawan, di Jakarta, Senin (11/2), mengatakan, "Kenaikan harga dikarenakan kami tidak lagi menanggung biaya pengisian ulang dan distribusi elpiji hingga ke konsumen. Jadi, kenaikan ini bukan dari harga elpijinya."

Selama ini, biaya pengisian dan distribusi elpiji ke konsumen dibebankan ke Pertamina. "Namun, nanti dibebankan ke konsumen," katanya. Dia menambahkan, kenaikan harga karena penghapusan biaya pengisian dan distribusi hanya mengurangi sedikit kerugian pada 2012 itu. "Tidak sampai mengurangi 10 persen kerugian pada 2012," katanya.

Karena itulah PT. Pertamina mesti melakukan upaya-upaya menekan kerugian bisnis elpiji nonsubsidi. Deputi Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya, menambahkan, pada 2012, pihaknya mengalami kerugian elpiji nonsubsidi hingga 541 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp. 5 triliun. "Kami rugi Rp. 5.000 per kilogram LPG itu," katanya.

Kerugian dihitung pada harga kontrak (contract price) Aramco sebesar 917 dolar Amerika Serikat per metrik ton. Menurut Hanung, selain penghapusan biaya pengisian dan distribusi, pihaknya juga telah mengusulkan kenaikan harga elpiji nonsubsidi per kgnya secara bertahap. "Kami mohon konsumen LPG 12 kg maklum," katanya. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar