About

Information

Jumat, 08 Februari 2013

Internasional, Jumat 08 Februari 2013

Jumat, 08 Februari 2013 - 06:58:16 WIB
Presiden Filipina Akan Kunjungi Gerilyawan MILF
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Manila) - Presiden Filipina Benigno Aquino pekan depan akan melakukan kunjungan bersejarah ke pangkalan kelompok gerilyawan MILF dalam usaha mendorong perundingan perdamaian, kata kantornya Kamis (7/2).

Kunjungan Aquino itu Senin (10/2) ke pangkalan utama Front Pembebasan Islam Moro (MILF) yang beranggotakan 12.000 petempur di selatan negara itu merupakan misi perdamaian pertama di sana oleh seorang presiden sejak gerakan perlawanan itu dimulai tahun 1970-an.

Aquino dan ketua MILF Murad Ebrahim akan bertemu ketika mereka menyaksikan peresmian satu proyek kesejahteraan sosial untuk penduduk Muslim di mana kelompok gerilyawan itu memiliki pengaruh besar, kata juru bicara Aquino, Ricky Carandang kepada AFP.

"Itu bukan satu pertemuan resmi, tetapi kehadiran mereka akan menegaskan komitmen dan optimisme bahwa kedua pihak memiliki satu penyelesaian akhir bagi proses perdamaian akan dicapai. Peresmian program-program sosial itu akan menunjukkan keuntungan-keuntungan konkret dari perdamaian," paparnya.

Pada peresmian itu, kartu-kartu jaminan kesehatan akan didistribusikan kepada penduduk, tawaran pekerjaan mendesak kepada orang-orang dewasa dan beasiswa diserahkan kepada anak-anak mereka, kata kantor Aquino.

MILF melakukan pemberontakan sejak tahun 1970 bagi kemerdekaan Mindanao, daerah selatan sepertiga dari daerah Filipina yang berpenduduk mayoritas Katolik yang diklaim minoritas Muslim sebagai tanah leluhur mereka. Sekitar 150.000 orang tewas dalam konflik itu.

MILF menandatangani satu "kerangka perjanjian" dengan pemerintah Aquino Oktober tahun lalu berjanji kedua pihak akan membentuk satu daerah otonomi baru di Mindanao pada tahun 2016, ketika presiden itu mengakhiri masa jabatan enam tahunnya.

MILF melepaskan tuntutannya bagi satu negara merdeka dengan imbalan kekuasaan penting dan pembagian kesejahteraan dalam satu wilayah otonomi baru. Para perunding dari kedua pihak melakukan pertemuan di Malaysia membicarakan apa yang disebut masalah-masalah yang dipertikaikan dalam rencana itu.

Sekretaris kabinet Jose Almendras mengatakan acara Senin itu akan diselenggarakan di satu pondok pesantren yang dikelola MILF yang menurut penduduk terletak sekitar setengah kilo meter dari pintu utama markas besar geriluawan Kamp Darapanan. "Lokasi iu terletak sangat dekat pada kamp MILF," kata Almendras.

Juru bicara MILF Nike Pasigan menyambut baik peresmian proyek kesejahteraan sosial itu. "Program itu akan lebih memperkuat kerja sama antara pemerintah dan MLIF karena kita membangun atas keberhasilan-keberhasilan proses perdamaian," katanya dalam satu pernyataan, demikian AFP. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar