About

Information

Jumat, 15 Februari 2013

Internasional, Jumat 15 Februari 2013

Jumat, 15 Februari 2013 - 01:39:01 WIB
Via Telepon, Abe-Obama Bahas Nuklir Korea Utara
Diposting oleh : Administrator

Komhukum (Tokyo) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Kamis (14/2) mengadakan pembicaraan per telepon dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama membahas penanggulangan terhadap Korea Utara yang melakukan uji coba nuklir pada Selasa, kata laporan media lokal.

Selama pembicaraan, dua sekutu itu setuju untuk mengambil sikap tegas terhadap Korea Utara dan bekerja sama di PBB untuk mengupayakan resolusi baru untuk negara itu, kata Kantor Berita Jepang Kyodo. Kedua pihak juga sepakat bahwa Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan harus bekerja erat mengenai masalah ini, kata Kyodo, mengutip seorang pejabat Jepang.

Abe mengatakan kepada Obama, bahwa uji coba nuklir Korea Utara itu menyabotase perdamaian internasional dan mengusulkan bahwa Jepang dan Amerika Serikat harus memberikan sanksi mereka sendiri terhadap Korea Utara. Sementara itu, Obama mengatakan Amerika Serikat berkomitmen untuk membela Jepang, menurut Kyodo.

Pada Rabu, Jepang dan Korea Selatan sepakat untuk mengupayakan sanksi lebih keras terhadap Korea Utara di Dewan Keamanan PBB. Juga selama pembicaraan telepon, Abe dan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak sepakat bahwa Dewan Keamanan harus menjatuhkan sanksi lebih keras terhadap Korea Utara, dan menambahkan kedua negara akan bekerja sama untuk menyetujui resolusi PBB tersebut.

Korea Utara, kendati ada penentangan kuat dari masyarakat internasional, melakukan uji nuklir ketiganya pada Selasa, yang mengundang kecaman dari sejumlah negara, demikian Xinhua. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar