About

Information

Rabu, 13 Februari 2013

Internasional, Rabu 13 Februari 2013

Rabu, 13 Februari 2013 - 10:04:02 WIB
Petir Menyambar Vatikan Pasca Paus Nyatakan Mundur
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) -  Paus Benediktus XVI secara mengejutkan mengajukan pengunduran diri dari posisinya sebagai Paus.

Paus Benediktus XVI, pemimpin 1,2 miliar umat Katolik dunia, menyatakan mundur dan resmi akan dilakukan pada akhir bulan ini tepatnya tanggal 28 Februari. Kabar ini bagaikan  bagai petir di siang bolong.

Namun beberapa jam kemudian, petir sungguhan menyambar kubah Basilika Santo Petrus. Tak hanya sekali, petir menyambar sebanyak dua kali. Kilat panjang menciptakan efek terang mengerikan, kala mengenai kubah salah satu gereja paling suci Katolik. 

Berbagai interpretasi muncul dari khayalak ramai terkait isu ini. Sebagian orang menganggapnya sebagai "pertanda dari langit". Namun semuanya hanya sebatas pada tafsiran semata.

Sebelumnya, Paus Benediktus XVI menyatakan mundur karena tak lagi mampu memimpin umat dan menjalankan pelayanan Santo Petrus. Usia lanjut, 85 tahun dan kondisi fisiknya tak memungkinkan menjalankan tugas berat itu.

Ia menjadi Paus pertama yang mundur, dalam kurun waktu 600 tahun terakhir. Sebelumnya, ada Paus Gregorius XII, yang mengundurkan diri pada tahun 1415 di tengah perpecahan di dalam gereja.

Sehari setelah Paus mengumumkan pengunduran diri, yang bakal resmi dilakukan 28 Februari 2013 mendatang, Vatikan mengakui bahwa selama bertahun-tahun, orang nomor satu di Gereja Katolik itu memakai alat pacu jantung.

Menurut laporan di surat kabar Italia, Il Sole 24, Paus baru saja menjalani operasi untuk mengganti alat pacu jantung, kurang dari tiga bulan lalu.

Namun, juru bicara Vatikan, Federico Lombard mengatakan, bukan itu yang membuat Paus mundur. Apalagi operasi yang baru dilakukan itu hanya untuk mengganti baterei alat pacu jantung. Tindakan medis rutin.

"Itu tidak mempengaruhi keputusan Paus (untuk mundur). Beliau hanya merasa bahwa kekuatannya telah berkurang, tak sebanding dengan tuntutan zaman," kata Pastor Lombardi, seperti dimuat BBC (12/02).

Penampilan publik Paus Benediktus XVI di depan publik adalah pada 27 Februari 2013, di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

Kardinal Joseph Ratzinger menjadi Paus Benediktus XVI pada 2005 setelah wafatnya Paus Yohanes Paulus II. Ia terpilih pada usia 78 tahun, paling tua sepanjang sejarah Vatikan.

Sebelumnya saudaranya, Georg Ratzinger mengatakan, dokter menyarankan Paus tak melakukan perjalanan jauh Trans-Atlantik. Keputusan mundur telah dipertimbangkan selama bertahun-tahun. (K-5/el)

Ini Videonya: Klik di sini

0 komentar:

Posting Komentar