About

Information

Rabu, 20 Februari 2013

Internasional, Rabu 20 Februari 2013

Rabu, 20 Februari 2013 - 09:54:58 WIB
Anak Absen Sekolah, Seorang Ibu Dipenjarakan
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Seorang ibu di Cornwall, Inggris Barat Daya diganjar hukuman penjara 20 minggu karena ketiga anaknya absen dari sekolah secara teratur.

Hakim menjatuhkan hukuman delapan minggu namun kini dia juga harus menjalani hukuman percobaan 12 minggu yang sudah dijatuhkan atasnya.

Ketiga anaknya yang berusia 15, 14, dan enam tahun berulang kali absen walapun ibunya sudah empat kali mendapat sanksi.

Tiga sanksi sebelumnya berupa pekerjaan di masyarakat dan pemberlakuan jam malam sementara satu lagi dalam bentuk hukuman percobaan yang dijatuhkan Juli lalu.

Jaksa penuntut, Kevin Hill, mengatakan walau sudah mendapat sanksi, ibu bersangkutan tetap tidak bisa menjamin agar ketiga anaknya datang ke sekolah dan tingkat kehadiran mereka tidak menjadi lebih baik.

Perempuan yang berasal dari kampung Penryn itu tidak bisa disebut namanya karena alasan hukum, demikian juga ketiga anaknya.

Pengadilan mendengar keterangan bahwa dia juga tidak menghadiri pertemuan dengan dinas pendidikan setempat dan pihak sekolah.

"Penuntutan merupakan upaya terakhir ketika semua hal sudah tidak berhasil," tutur John Heath, Ketua Dinas Pendidikan Cornwall seperti yang dilansirkan BBC, Rabu (20/02).

"Jika orang tua akhirnya dibawa ke pengadilan karena ketidakhadiran di sekolah mereka menghadapi risiko mendapat denda atau hukuman penjara," tambahnya.

Di Inggris, berdasarkan Undang-undang, orang tua memiliki kewajiban untuk memastikan anaknya datang sekolah pada usia wajib belajar. (K-5/BBC)

0 komentar:

Posting Komentar