About

Information

Selasa, 12 Februari 2013

Internasional, Selasa 12 Februari 2013

Selasa, 12 Februari 2013 - 09:59:36 WIB
Paus Baru Dipilih Sebelum Paskah
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Kota Vatikan) - Paus baru yang akan menggantikan Paus Benediktus XVI diharapkan sudah akan terpilih sebelum Paskah.

Perkembangan ini disampaikan juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, beberapa jam setelah Paus Benediktus secara mengejutkan mengumumkan pengunduran diri hari Senin (11/02).

"Pertemuan para kardinal akan digelar bulan Maret, sekitar 15 atau 20 hari setelah Paus resmi mundur," kata Lombardi. "Paus yang baru diharapkan bisa terpilih sebelum Paskah tanggal 31 Maret," lanjut Lombardi.

Paus Benediktus, yang berusia 85 tahun, mundur setelah merasa kondisi pikiran dan fisiknya tidak memungkinkan untuk menjalankan tugas sebagai pemimpin umat Katolik dunia.

Tokoh yang terlahir dengan nama Joseph Ratzinger ini menjadi Paus pertama di era modern yang mundur. "Terus terang kami terkejut dengan pengunduran diri Paus," kata Lombardi.

Ia menambahkan bahwa keputusan ini diambil setelah dilakukan perenungan yang mendalam. Dalam surat pengunduran diri dalam bahasa Latin, yang dibacakan sendiri, Paus mengatakan dirinya akan meninggalkan jabatannya pada 28 Februari.

"Usia yang makin uzur membuat saya tidak mungkin lagi meneruskan tugas-tugas sebagai Paus," kata Paus Benediktus.

Ia diangkat menjadi Paus pada 2005 menggantikan Paus Yohannes Paulus II. Setelah tidak lagi menjabat, Paus yang dikenal sebagai guru besar teologi ini akan tinggal di satu biara di Vatikan. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar