About

Information

Selasa, 12 Februari 2013

Internasional, Selasa 12 Februari 2013

Buaya Terbesar Dunia Tewas di Filipina Selatan 
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Kota Davao) - Seekor buaya air asin raksasa, yang terpanjang di bumi, telah tewas saat berada di kurungannya di Filipina selatan.

Reptil panjang 6.12 meter, dijuluki "Lolong", itu meninggal di kandangnya di kota Bunawan, Provinsi Mindanao Agusan del Sur tak lama setelah pukul 20.00 waktu setempat Minggu, kata walikota Bunawan, Edwin Elorde.

"(Kematian Lolong) itu sangat disayangkan," kata Santiago Cane, wakil gubernur Provinsi Agusan del Sur kepada Xinhua dalam pesan teks pada Senin (11/02).

Elorde mengatakan dalam satu wawancara telepon bahwa reptil itu menunjukkan aktivitas lamban yang tidak biasa sebelum kematiannya, mendorong pemerintah setempat untuk menutup laguna resor di desa pedalaman Consuelo di mana Lolong disimpan, dari publik.

Pemerintah setempat telah menarik bayaran atas penampilan reptil itu sebagai daya tarik wisata di kota yang sepi sampai lebih dari 20.000 pengunjung sejak binatang itu ditangkap pada tahun 2011.

"Dia telah berhenti makan seperti biasanya sejak bulan lalu. Sebenarnya, kami telah melihat perubahan yang tidak biasa dalam perilaku binatang itu tepat setelah topan Desember lalu," kata Elorde, mengacu pada badai tahun lalu yang menewaskan lebih dari seribu orang di wilayah tersebut.  "Perutnya membengkak," tambahnya.

Lolong ditangkap pada tahun 2011 di Agusan Marsh. Guinness World Records menyatakan Lolong tahun lalu sebagai buaya air asin terbesar di dunia di penangkaran. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar