About

Information

Minggu, 10 Februari 2013

Nasinal ( Umum ), Minggu 10 Februari 2013

Minggu, 10 Februari 2013 - 00:59:39 WIB
Warga Tionghoa Mulai Bersembahyang Imlek
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Bogor) - Vihara Dhanagun, Sabtu malam (9/2) tampak kian ramai didatangi umat yang ingin beribadah sembahyang menyambut Tahun Baru Imlek 2564.

Umat mulai mendatangi Vihara Dhanagun yang terletak di Jalan Surya Kencana sejak pukul 18.00 WIB. "Sembahyang Tahun Baru Imlek digelar dari mulai petang hingga tengah malam," kata Ayung Kusuma Kepala Pelaksana Harian Vihara Dhanagun.

Menurut Ayung, menjelang tahun baru Imlek umat merayakan dengan sembahyang Pay Thai Kong yakni sembahyang kepada sang pencipta. Ritual sembahyang dilakukan dengan menghadap ke halaman utama.

"Sembahyang dilakukan untuk menyampaikan doa dan keinginan agar tahun ini lebih baik lagi, dimurahkan rezekinya, usahanya dan diberi kesehatan," katanya. Rangkain acara menyambut Tahun Baru Imlek 2564 telah dilakukan sejak 24 Imlek bulan 12 yakni hitungan Tahun China atau 4 Februari.

Diawali dengan ritual membersihkan rupang, dan jolly yakni patung dewa dan tandu yang digunakan untuk mengarak sang dewa. Rangkai acara berikutnya bakti sosial serta bersih-bersih Vihara oleh umat. 

"Selain beribadah, umat juga merayakan dengan berpesta berkumpul bersama sanak keluarga. Esok paginya baru mereka saling bersilatuhami," ujarnya. 

Vidi salah satu umat yang datang bersembahyang ke Vihara Dhanagun mengharapkan tahun baru ini lebih baik dari tahun sebelumnya. "Semoga kita dilimpahkan kebaikan, kebahagiaan, kesehatan dan kesejahteraan," ucapnya. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar