About

Information

Minggu, 10 Februari 2013

Nasinal ( Umum ), Minggu 10 Februari 2013

Minggu, 10 Februari 2013 - 10:24:03 WIB
Sebanyak 373 Pria Bali Ikut KB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Denpasar) - Realisasi pencapaian akseptor keluarga berencana (KB) pria (vasektomi) di Bali sudah mencapai 373 orang atau 93,25% dari sasaran tahun 2012 sebanyak 400 orang.

"Peranserta pria di Pulau Dewata dalam menyukseskan program KB masih relatif kecil dibandingkan pencapaian akseptor baru tahun 2012 mencapai 77.665 orang atau 109,16% dari sasaran 71.140 orang," kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, I Wayan Sundra, SH di Denpasar, Minggu (10/02).

Ia mengatakan, peranserta pria sangat diharapkan dalam menyukseskan program KB. Dalam mengatur dan mengendalikan pertumbuhan penduduk bukan sepenuhnya menyerahkan KB kepada wanita (istri).

Oleh sebab itu keikutsertaan pria dalam program KB lebih dimantapkan di masa-masa mendatang dengan memberikan kemudahan dan pilihan terhadap penggunaan alat kontrasepsi.

"Kontrasepsi untuk pria dalam menyukseskan program KB selain kondom juga operasi vasektomi, dengan biaya sepenuhnya ditanggung pemerintah," ujar Wayan Sundra.

Penekanan pria ber-KB dilakukan, mengingat pria Bali selama ini dalam hubungan suami-istri sepenuhnya menyerahkan penggunaan alat kontrasepsi itu kepada istrinya dengan menggunakan jenis kontraspei IUD.

Oleh sebab itu keikutsertaan pria dalam ber-KB kini mendapat perioritas utama, di samping tetap menggarap wanita pasangan usia subur (PUS).

Mobil pelayanan KB milik Perwakilan BKKBN Bali bekerja sama dengan RSUP Sanglah Denpasar dan tim penggerak PKK terus mengintensifkan pelayanan menyasar PUS di daerah-daerah terpencil.

Pelayanan yang dilakukan di Dusun Moncol, Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem dalam pekan ini berhasil melayani 37 akseptor yang terdiri atas pria 16 orang dan wanita 21 orang.

Ke-16 pria itu menjalani operasi vasektomi dan 21 wanita PUS memilih kontrasepsi implant, keduanya merupakan alat metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar