About

Information

Jumat, 15 Februari 2013

Nasional ( Kriminal ), Jumat 15 Februari 2013

Jumat, 15 Februari 2013 - 16:43:53 WIB
Kapolda Sumsel Pantau 127 Anggota Polisi Pengguna Narkoba
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kriminal 


Komhukum (Palembang) - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Iskandar Hasan terus memantau perkembangan pembinaan terhadap 127 anggota Polisi di jajaran Polda Sumsel  pengguna narkoba.

Iskandar mengatakan, jajaran Polda sumsel belum lama ini melakukan pembinaan selama 30 hari dan telah berjalan selama 20 hari terhadap 127 anggota yang positif memakai narkoba dan saat ini sedang melanjutkan mengikuti pembinaan di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Betung.

Dijelaskannya, tujuan pembinaan itu untuk mengembalikan jiwa kepolisian yaitu Catur Prasetya sebagai pendoman kerja Polri dan Tribrata sebagai pedoman hidup Polri.

Adapun materi pelatihan yang diberikan kepada anggota yang ikut pembinaan, 40 persen fisik, 40 rohani dan 20 persen pengetahuan yang berkaitan dengan dampak narkotika dari segi kejiwaan, hukum dan media psikolog.

"Nanti pada saatnya atau di akhir pelatihan akan kita lakukan tes kejiwaan terhadap anggota yang ikut pembinaan," katanya, Jumat (15/02) siang.

Lebih lanjut ia mengatakan, pembinaan yang dilakukan Polda Sumsel terhadap anggota yang menggunakan narkoba ini merupakan langkah riil kepolisian di Mapolda Sumsel dalam membersihkan internal kepolisian dari narkoba.

Ia menjelaskan, selain mengikuti pembinaan, pihaknya juga melakukan investigasi terhadap anggota yang terlibat narkoba, dari mana mereka mendapatkan barang haram itu dan tentunya akan ada nama-nama yang lainya.

“Kita berkeinginan mereka sadar. Pada awal mengikuti pembinaan ada yang menggigil karena sakau. Untuk pelatihan ditekankan agar keringat yang mengandung toksin racun di dalam tubuh mereka keluar. Waktu pembinaan untuk gelombang pertama ini kita coba satu bulan,” katanya.

Ditambahkannya, saat ini sudah ada kemajuan setelah mengikuti pembinaan di SPN Betung, yang tadinya fisiknya lemah, wajahnya pucat dan lesu akibat narkoba, dengan mengikuti kegiatan tersebut mereka berubah, dan ke depannya ia berharap mereka berubah dan tidak mengulanginya.

“Sejauh ini ada kemajuan, kembali sebagaimana jati diri seorang Polisi. Nanti sepulang dari pembinaan mereka masih tetap kita monitoring, dan kita juga memberikan surat perjanjian, kalau nanti mereka masih mengulanginya maka akan kita tindak tegas. Bahkan sampai ke pemecatan," pungkasnya. (K-5/Adi)

0 komentar:

Posting Komentar