About

Information

Kamis, 07 Februari 2013

Nasional ( Politik ), Kamis 07 Februari 2013

Kamis, 07 Februari 2013 - 12:19:17 WIB
Ibas Didorong Gantikan Anas di Demokrat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul memastikan Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengantongi nama figur untuk menggantikan Anas Urbaningrum.

Menurut Ruhut, SBY punya berbagai rencana untuk menampung aspirasi dari tokoh-tokoh senior Demokrat agar Anas mundur dari jabatannya demi menyelamatkan partai.

“Pasti, dia punya plan A dan B, C. Tidak ada yang bisa menolak jika majelis tinggi menginginkan kongres luar biasa. Jadi jangan bilang SBY tidak mungkin mundurin Anas, ini tak mungkin, itu tak mungkin,” kata Ruhut di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/02).

Bahkan Ruhut sehari sebelumnya juga mengatakan bahwa SBY akan menunjuk Sekjen DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua umum Partai Demokrat, jika Anas dilengserkan. Namun siapa tokoh yang akan menggantikan Anas, Ruhut enggan membocorkan.

Dia juga enggan menjawab ketika ditanya apakah figur yang dimaksud adalah adik ipar SBY tersebut.

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Toto Izul Fatah mengatakan, dalam politik semuanya serba mungkin, termasuk jika SBY menggunakan tangan besinya menempatkan Pramono Edhie sebagai pengganti Anas.

Jika itu yang terjadi, upaya SBY memang dimaksudkan untuk menguatkan persepsi bahwa Partai Demokrat adalah dirinya. Karena itu, Pramono Edhie yang bagian dari irisan kepentingan Cikeas diharapkan bisa menyurutkan resistensi kader-kader untuk melakukan perlawanan struktural.

“Namun jika itu dilakukan secara tidak normal, artinya jika tetap memaksakan alternatif itu meski mayoritas pengurus daerah menolak, maka gejolak perlawanan tetap sulit dihindari,” tandasnya. (K-5/Roy)

0 komentar:

Posting Komentar