About

Information

Kamis, 14 Februari 2013

Nasional ( Politik ), Kamis 14 Februari 2013

Kamis, 14 Februari 2013 - 15:18:12 WIB
Pengunduran Diri Ibas Langkah Tepat 
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Pamekasan) - Direktur Central Political and Religious Studies (Centris) Sulaisi Abdurrazaq menilai pengunduran diri Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) sebagai anggota DPR RI merupakan langkah tepat agar lebih konsentrasi pada penyelamatan Partai Demokrat.

"Prahara yang menimpa Partai Demokrat memang memerlukan perhatian yang lebih serius dari semua fungsionaris partai, dan saya kira langkah yang diambil Ibas sangat tepat. Masalahnya, tanpa perhatian serius para petinggi partai, PD justru akan kalah jauh dibanding partai-partai lainnya," kata Sulaisi Abdurrazaq kepada wartawan, Kamis (14/02) siang.

Ibas sebelumnya menjabat sebagai anggota Komisi I DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) VII Jawa Timur yang meliputi Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, dan Kabupaten Magetan.

Putra Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono itu terpilih sebagai anggota DPR RI pada Pemilu 2009 dengan perolehan dukungan sebanyak 327.097 suara.

Di DPR RI, dia dipercaya sebagai anggota Badan Anggaran dan anggota Komisi I yang membidangi hubungan luar negeri, pertahanan serta Informasi dan Komunikasi.

Di Partai Demokrat sendiri, Ibas akhirnya dipercaya sebagai sekretaris jenderal partai mendampingi Anas Urbaningrum yang terpilih sebagai ketua umum partai itu di Kongres II PD pada bulan Mei 2010.

Dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (14/02), Ibas menjelaskan bahwa dirinya mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI dengan alasan agar lebih konsentrasi pada penyelamatan partai, menyusul adanya sejumlah kader dan fungsionaris partai yang terjerat masalah hukum.

Menurut Direktur Centris, alasan yang disampaikan Ibas kepada publik sebenarnya sudah sangat rasional sebab berdasarkan survei lembaga independen belum lama ini menyebutkan bahwa kini elektabilitas PD justru turun, dan kini hanya tinggal 8,3 persen.

"Dari sisi kepentingan partai, langkah Ibas memang sangat tepat sebab masa depan partai tentunya akan ditentukan pada upaya-upaya penyelamatan yang dilakukan saat ini," jelasnya.

Hanya saja, sambung Sulaisi, mundurnya Edhie Baskoro Yudhoyono dari anggota DPR RI di satu sisi juga telah mencederai kepercayaan para pemilihnya di Dapil VII Jatim.

"Paling tidak penggantinya Ibas ini harus sevisi dengan apa yang telah dilakukan Ibas selama ini. Saat pemilu, rakyat kan memilih Ibasnya," terang Sulaisi. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar