About

Information

Kamis, 21 Februari 2013

Nasional ( Politik ), Kamis 21 Februari 2013

Kamis, 21 Februari 2013 - 13:52:48 WIB
Parpol Tempatkan Caleg Artis Dibasis Kurang Populer
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) -Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN Taufik Kurniawan mengakui, caleg artis akan ditempatkan di daerah yang basis konstituennya masih lemah. Penempatan caleg artis tidak akan mengambil daerah pemilihan (dapil) caleg dari kader PAN yang konstituennya sudah kuat.

”Jadi dipastikan tidak ada benturan kepentingan antara caleg artis dan caleg dari kader PAN. Lalu tidak perlu ada juga dikotomi artis dan bukan artis pada proses pencalegan di PAN,” jelasnya

Seperti diketahui, ada sejumlah artis yang akan diusung PAN menjadi caleg pada Pemilu Legislatif 2014, di antaranya penyanyi senior Ikang Fawzi, aktris Raslina Rasyidin, aktor Hengky Kurniawan, dan Desy Ratnasari.

Namun Sekjen DPP PPP Romahurmuziy mengaku lebih berhati- hati merekrut caleg artis. Menurut dia, caleg yang mendaftar, utamanya dari kalangan artis, dipastikan tidak pernah terlibat narkoba.

Romy menyebutkan, untuk menghindari kesalahan dalam merekrut artis sebagai bakal caleg, PPP akan mengecek riwayat hidup serta melakukan tes untuk memastikan bebas dari narkoba. PPP juga telah merekrut beberapa artis sebagai bakal caleg.

”Saat ini sudah ada delapan artis yang sudah siap bergabung. Ada Sigit Purnomo alias Pasha Ungu dan penyanyi dangdut Nassar,” katanya.

Berbeda dengan PAN dan PPP, DPP PKS justru tidak tertarik untuk mengusung artis sebagai caleg. Ketua DPP PKS Hidayat Nur Wahid mengungkapkan, partainya akan memberikan kesempatan bagi para kadernya untuk menjadi caleg.

Menurut dia, untuk mencari seorang caleg, tidak hanya dibutuhkan popularitas saja tetapi harus berkualitas. ”Yaitu melalui melalui proses panjang seperti pelatihan organisasi,” katanya.

Kendati demikian, dia mengakui ada beberapa parpol yang memang memerlukan caleg artis. Pasalnya, memang ada beberapa ciri konstituen yang memang menyukai popularitas. ”Tapi PKS memiliki pandangan lain. Caleg bukan sekadar popularitas karena artis atau anak tokoh,” tandasnya. (K-5/Roy)

0 komentar:

Posting Komentar