About

Information

Rabu, 20 Februari 2013

Nasional ( Politik ), Rabu 20 Februari 2013

Rabu, 20 Februari 2013 - 14:21:48 WIB
Pemilu Serentak Dapat Kurangi Golput
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) – Tren penurunan partisipasi pemilih dalam pemilu salah satunya disebabkan oleh faktor kejenuhan. Pelaksanaan pemilu kepala daerah (pilkada) yang mencapai ratusan diyakini sebagai penyebab kejenuhan pemilih.

Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Very Junaidi mengatakan, akibat kejenuhan itu, saat pemilu digelar partisipasi pemilih pun menurun drastis. Pelaksanaan pemilu serentak justru dinilai dapat mengurangi jumlah golongan putih (golput).

Menurut Very, pemilu yang dilaksanakan secara serentak bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Karena bila terlalu sering pemilu digelar sebenarnya membuat pemilih bosan menyalurkan hak pilihnya.

“Mereka harus bolak-balik menggunakan hak pilihnya, sedangkan kinerja pemerintah tidak ada perubahan signifikan. Lama-lama pemilih jadi bosan, sudah memilih terus, tapi tidak ada perubahan kinerja pemerintah,” tandas Very di Jakarta, Rabu (20/02)

Dia menegaskan, jika pemilu dilaksanakan secara serentak, pemilih tidak akan merasa bosan. Rakyat pun mudah menyalurkan hak pilihnya.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku khawatir tingginya penurunan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 sebab tren partisipasi pemilih dari setiap penyelenggaraan pemilu terus menurun. (K-2/Roy)

0 komentar:

Posting Komentar