About

Information

Selasa, 12 Februari 2013

Nasional ( Politik ), Selasa 12 Februari 2013

Selasa, 12 Februari 2013 - 01:52:00 WIB
Komisi III DPR Ultimatum Komnas HAM
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendesak Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) segera menyelesaikan masalah internalnya, paling lambat satu bulan dan melaporkannya ke Komisi III DPR, demikian Wakil Ketua Komisi III DPR Al Muzzamil Yusuf membacakan kesimpulan rapat dengar pendapat dengan Komnas HAM di Senayan Jakarta, Senin (11/2).

DPR antara Komnas HAM dan Komisi III diadakan untuk meminta penjelasan soal kisruh internal Komnas HAM yang berujung mundurnya pimpinan setelah rapat paripurna mengubah masa kerja pimpinan dari 2,5 tahun menjadi satu tahun. Komisi III juga menyatakan jika dalam waktu yang ditentukan Komnas HAM tak bisa menyelesaikan kisruh itu, maka Komisi III akan memfasilitasi pemilihan pimpinan Komnas HAM.

Sebelumnya debat panjang terjadi antara anggota komisioner yang mendukung perubahan tata tertib baru yang mengubah masa kerja pimpinan menjadi satu tahun. Dalam rapat Rabu (6/2) itu, empat dari 13 komisioner Komnas HAM menolak perubahan masa kerja pimpinan.  Mereka adalah Otto Nur Abdullah, Sandra Moniaga, M. Nurkhoiron, dan Roichatul Aswidah.

Kisruh Komnas HAM bermula dalam pleno awal Januari lalu saat sembilan komisioner meminta masa jabatan pimpinan Komnas HAM yang 2,5 tahun diubah menjadi 1 tahun. Dalam pertemuan internal itu, mereka membahas kesenjangan fasilitas antara komisioner yang menjadi anggota dan ketua. Ketua Komnas HAM mendapat mobil dinas Toyota Camry, sedangkan anggota menggunakan mobil operasional. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar