About

Information

Selasa, 19 Februari 2013

Nasional ( Politik ), Selasa 19 Februari 2013

Selasa, 19 Februari 2013 - 08:19:04 WIB
Golkar Pasang Caleg Incumbent Untuk Raup Suara
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Wakil Sekjen DPP Partai Golkar Nurul Arifin mengakui mayoritas partai politik masih akan mempertahankan komposisi pencalonan terhadap para anggota DPR incumbent dari daerah pemilihannya masing-masing, khususnya di wilayah Jawa yang jumlah kursinya mencapai 306 dari total 560 kursi DPR.

Menurutnya, peluang keterpilihan caleg incumbent lebih besar dibandingkan harus mengambil risiko memasang figur baru.

“Hampir semua caleg (anggota legislatif) dari Golkar yang maju lagi dari dapil yang sama. Saya misalkan, di satu dapil Jawa Barat VII selain ada Kang Ade (Ade Komarudin) yang separtai, dengan partai lain bertarungnya dengan tokoh kuat seperti Saan Mustopa dari Demokrat dan Rahadi Zakaria dari PDIP,” jelasnya kepada Komhukum.com di Jakarta, Selasa (19/02).

Nurul menjelaskan, dari 106 kursi Partai Golkar di DPR hanya delapan yang tidak lagi maju atau mencalonkan. Sementara 98 lainnya sudah konfirmasi melalui pengembalian formulir pencalonannya untuk Pemilu 2014.

Dari jumlah itu, kata dia, hampir semuanya berangkat dari dapil sama. “Hanya nomor urutnya saja yang mungkin mengalami pergeseran dengan berbagai pertimbangan,” ujarnya.

Menurut Nurul, dengan kondisi itu maka bisa diprediksi pertarungan di tiap dapil nantinya tidak akan mengalami perubahan signifikan. Menurut dia, partai tentu juga tidak mau bertaruh untuk memasang figur baru karena belum teruji keterpilihannya.

“Apalagi, beberapa menteri dari parpol juga dipastikan akan kembali dipasang sebagai caleg karena punya peluang terpilihnya sangat besar,” jelasnya. (K-2/Roy)

0 komentar:

Posting Komentar