About

Information

Jumat, 08 Februari 2013

Nasional ( Umum ), Jumat 08 Februari 2013

Jumat, 08 Februari 2013 - 15:22:25 WIB
Vihara Amurva Bhumi Gelar Pawai Cap Go Meh
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Jakarta) - Tahun lalu (2012) Vihara Amurva Bhumi tidak mengadakan Pawai Cap Go Meh, dikarenakan Dewa Bumi, Hok Tek Tjeng Sin yang menjadi Dewa Utama di Vihara Amurva Bhumi tidak mengizinkan. Di tahun 2013 ini Vihara Amurva Bhumi akan menggelar Pawai Cap Go Meh pada tanggal 24 Februari mendatang di kawasan Jatinegara.

Hendy Yuhardi alias Anyo (70), pengurus Vihara Amurva Bhumi saat ditemui Komhukum.com, mengatakan di tahun shio ular ini, tahun 2013 malam cap go meh akan diadakan.

"Karena Dewa Bumi mengizinkan, tahun ini akan digelar pawai itu," ujarnya saat ditemui di Vihara Amurva Bhumi di Jalan Pasar Lama, No. 35, Balimester, Jatinegara, Jumat (8/02).

Ia melanjutkan nantinya perayaan akan digelar di kawasan Jatinegara yang akan menyusuri kawasan Jatinegara Timur dan Jatinegara Barat.

"Akan dimulai pukul 14.00 WIB, dan akan melintasi sekitar 5 km jalan, banyak yang akan ditampilkan seperti barongsai, reog, dan banyak lagi," lanjutnya.

Sebelumnya di Vihara Amurva Bhumi selama 30 puluh tahun terakhir pawai Cap Go Meh selalu digelar, untuk pertama kalinya tahun 2012 lalu tidak digelar dikarenakan saat bhiksu dan biarawati di Vihara Amurva Bhumi, setelah berdoa di depan Dewa Bumi, dua lempengan kayu yang di lempar jatuhnya sama-sama tertelungkup. 

"Itu tandanya Dewa tidak mengizinkan," kata Anyo.

Menurut Anyo, jika Dewa Bumi mengizinkan maka dua lempengan kayu yang dilempar, salah satunya harus terlentang. "Satu lempengan kayu harus terlentang dan yang satu lagi mesti tertelungkup. Kalau dua-duanya terlentang atau dua-duanya tertelungkup, maka Dewa tidak mengizinkan," pungkas Anyo. (K-2/Shilma)

0 komentar:

Posting Komentar