About

Information

Rabu, 06 Februari 2013

Nasional ( Umum ), Rabu 06 Februari 2013

Rabu, 06 Februari 2013 - 00:12:51 WIB
Waspada! Awan Hitam Menggantung yang Berpotensi Puting Beliung
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Jakarta) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif menghimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya awan hitam yang menggantung di langit karena berpotensi menimbulkan angin puting beliung.

"Cara praktis untuk mewaspasdai puting beliung adalah dengan melihat apakah ada awan hitam menggantung di langit. Kondisi tersebut memungkinkan adanya perubahan temperatur dan tekanan yang berpotensi menimbulkan puting beliung," kata Syamsul Maarif di Jakarta, Selasa (5/2).

Syamsul mengatakan meskipun kejadian angin puting beliung di Indonesia meningkat tajam, tetapi terjadi secara sporadis sehingga sulit dideteksi dan diperkirakan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kata dia, juga belum bisa memperkirakan secara tepat potensi puting beliung di wilayah tertentu. 

Akibatnya, sistem peringatan dini untuk puting beliung belum bisa dilakukan. "Itu berbeda dengan di Filipina yang angin puting beliungnya sudah memiliki alur tersendiri. Di sini, kita tetap waspada saja dan mengamati awan hitam menggantung di langit yang berpotensi menimbulkan puting beliung," tuturnya.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan 96 persen bencana yang terjadi di Indonesia selama Januari 2013 adalah bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, puting beliung dan gelombang pasang. 

Sepanjang Januari 2013, BNPB mencatat 119 kejadian bencana terjadi di Indonesia. "Ancaman bencana hidrometeorologi diperkirakan akan terus berlangsung hingga akhir Maret 2013. Masyarakat dihimbau terus meningkatkan kesiapsiagaan," katanya. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar