About

Information

Rabu, 13 Februari 2013

Nasional ( Umum ), Rabu 13 Februari 2013

Rabu, 13 Februari 2013 - 10:49:48 WIB
Dilanda Banjir, Warga Kampung Pulo Kembali Mengungsi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Jakarta) - Banjir kembali terjadi di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur dan membuat ratusan warga Kampung Pulo mulai mendatangi Masjid At-Tawabiin dan Kantor Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur di Jalan Jatinegara Barat, pada Rabu (13/02) pagi.

Lurah Kampung Melayu, Bambang Pangestu mengatakan warga yang mengungsi karena tempat tinggal mereka kembali terendam banjir kiriman.

"Di Masjid At-Tawabiin ada 175 jiwa yang sudah mengungsi, sementara di Sudinkes ada sekitar 50 jiwa dan masih terus bertambah," ujar Lurah Kampung Melayu, Rabu (13/02).

Bambang melanjutkan untuk saat ini, bantuan makanan untuk sarapan para pengungsi sudah didapatkan dari Palang Merah Indonesia. "Untuk sarapan saat ini sudah dapat bantuan dari PMI berupa roti," lanjutnya.

Aliran Kali Ciliwung  kembali meluap akibat hujan yang mengguyur wilayah Jabodetabek sepanjang hari Selasa (12/02) kemarin dan membuat ratusan rumah yang dihuni sekitar 7.745 jiwa dari 2.899 KK terendam.

Menurut Faisal, Ketua RW 03 mengatakan air mulai masuk rumah warga di 15 RT yang berada di wilayahnya sekitar pukul 03.00 WIB.

Dari delapan RW yang berada di wilayah Kampung Melayu, hanya RW 06 yang tidak terendam. Sementara 47 RT di tujuh RW lainnya terkena banjir. Faisal, menyebutkan, warga baru keluar rumah untuk mengungsi pagi hari ini.

"Sudah banyak bayi dan ibu-ibu yang mengungsi ke At-Tawabiin," kata Faisal.  Faisal memperkirakan, banjir kali ini akan bertahan lebih lama dari biasanya.

Tinggi air di Pintu Manggarai diprediksi akan bertambah. Air laut yang mulai pasang, ditambah dengan cuaca yang mulai kembali turun hujan memperkuat prediksinya.  Selama bulan Februari yang baru berjalan dua minggu ini, setidaknya sudah empat kali pemukiman warga di wilayah ini terendam banjir.

Sebelum hari ini, banjir melanda pada 1 Februari, 5 Februari, dan 8 Februari. Dikarenakan kerap dilanda banjir, ribuan jiwa yang tinggal di Kampung Pulo sudah pernah berdialog langsung dengan Gubernur Joko Widodo pada November silam untuk membahas solusi penanganan banjir di wilayah itu. 

Namun, usai pertemuan yang salah satunya membahas relokasi warga yang tinggal di bantaran kali itu, hingga kini belum ada tindak lanjutnya. (K-5/Shilma)

0 komentar:

Posting Komentar