About

Information

Rabu, 20 Februari 2013

Nasional ( Umum ), Rabu 20 Februari 2013

Rabu, 20 Februari 2013 - 01:04:59 WIB
Banjir Rendam Puluhan Rumah di Gresik
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Gresik) - Puluhan rumah di empat desa di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terendam banjir akibat meluapnya Bengawan Solo. Meluapnya Bengawan Solo yang melintasi Gresik telah menggenangi Desa Bungah, Sidomukti, Mojopuro, dan Desa Sungonlegowo.

Selain merendam puluhan rumah warga, banjir juga memutus akses jalan antardesa yang membuat aktivitas warga terganggu, kata salah seorang warga Desa Bungah, Abdurachim, Selasa (19/2).

"Banjir merendam sekitar 26 rumah di Desa Bungah, dan ketinggian banjir mencapai lutut orang dewasa sehingga melumpuhkan aktivitas warga desa karena akses jalan antardesa tertutup air," katanya.

Dikatakannya, meluapnya aliran Bengawan Solo yang melintas di Kecamatan Bungah diakibatkan tingginya curah hujan yang ada di wilayah Gresik dan Kabupaten Bojonegoro. "Hal ini mengakibatkan peningkatan debit air Bengawan Solo, sehingga meluap dan mengakibatkan banjir di Desa Bungah, Kecamatan Bungah," katanya.

Abdurachim khawatir, banjir yang terjadi di desanya akan semakin besar, sebab curah hujan kini masih tinggi, ditambah rapuhnya tanggul Bengawan Solo, khususnya yang melintasi kawasan Bungah.

Warga lainnya, Slamet Effendi (32), mengaku banjir dikhawatirkan pula menimbulkan datangnya sejumlah penyakit kulit, sementara hingga sekarang belum ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Gresik. "Saya khawatir, penyakit akibat banjir itu menyerang anak-anak, sebab mereka tidak mengetahui bahayanya banjir," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik, Hari Sucipto mengatakan pihaknya telah melakukan antisipasi sebelumnya, yakni dengan melakukan koordinasi sejumlah petugas BPBD Bojonegoro untuk melihat debit air Bengawan Solo.

Koordinasi dilakukan untuk melihat perkembangan setiap detiknya debit air Bengawan Solo yang juga melalui kawasan Gresik, seperti Bungah, Sidomukti, Mojopuro, Sungonlegowo.

Sementara itu, beberapa daerah hilir di Jatim yang perlu diwaspadai terkait meluapnya Bengawan Solo adalah Kabupaten Bojonegoro, Tuban, Lamongan serta Gresik. Meluapnya Bengawan Solo juga menyebabkan sejumlah kawasan di Bojonegoro, Jatim, terendam banjir baru-baru ini. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar