About

Information

Kamis, 21 Februari 2013

Showbiz, Kamis 21 Februari 2013

Kamis, 21 Februari 2013 - 04:19:36 WIB
Film Pendek UMN Masuk Nominasi Festival
Diposting Oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Dua film pendek karya mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berhasil masuk nominasi dalam festival film di Solo dan Yogyakarta, kata Koordinator Peminatan Digital Cinema UMN, Ina Riyanto.

"Karya-karya terbaik dari mahasiswa kami akan kami ikutkan festival, karena itu tidak semua film karya mahasiswa dipublikasikan apalagi untuk di televisi," kata Ina di sela acara "Ultima Screen" di Blitzmegaplex, Pacific Place, Jakarta, Rabu (20/2).

Dia menyatakan untuk mengikuti festival film sejumlah persyaratan harus dipenuhi, di antaranya belum pernah dipublikasikan baik melalui televisi maupun bioskop.

Menurut Ina, untuk memublikasikan film-film pendek karya mahasiswa UMN di televisi, akan menunggu selama satu tahun sehingga mendapatkan kesempatan mengikuti beberapa festival di tingkat lokal maupun internasional.

Ia menyebutkan pula, lulusan dari peminatan digital cinema Program Studi Desain Komunikasi Visual UMN saat ini mencapai 14 orang. Mahasiswa angkatan 2009 yang tahun ini akan lulus berjumlah 28 orang.

Syarat kelulusan adalah membuat tugas akhir berupa film pendek. "Delapan film yang ditampilkan dalam `Ultima Screen` kali ini merupakan tugas akhir dan tugas mata kuliah penyutradaraan Program Studi Desain Komunikasi Visual UMN," kata dia lagi.

Dalam memproduksi film-film tersebut, mahasiswa UMN mendapat bimbingan dari beberapa sineas muda independen yang pernah meraih penghargaan di tingkat nasional dan internasional.

Beberapa sineas independen yang membimbing mahasiswa UMN dalam memproduksi film pendek itu, di antaranya Lucky Kuswandi, BW Purba Negara, Kemal Hasan, dan Yosep Anggi Noen. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar