About

Information

Rabu, 20 Februari 2013

Showbiz, Rabu 20 Februari 2013

Rabu, 20 Februari 2013 - 09:34:08 WIB
Donald Richie Tutup Usia
Diposting Oleh : Administrator 

Komhukum (Tokyo) - Donald Richie, seorang ahli Amerika Serikat tentang Jepang yang datang ke negara itu dengan militer setelah Perang Dunia II dan memperkenalkan sutradara-sutradara film klasik seperti Akira Kurosawa kepada Barat, meninggal pada Selasa (19/02). Dia berusia 88 tahun.

Richie pernah menderita beberapa tahun karena kesehatannya yang buruk dan dibawa ke rumah sakit University of Tokyo setelah jantungnya berhenti di rumahnya di Tokyo, kata Leza Lowitz, editor lamanya.

"Dia masih luar biasa energik, pergi ke pers klub dan nonton film," katanya.

"Dia adalah seorang pembaca yang rakus dan masih membaca walaupun sedikit." Lahir di Ohio, Richie pertama kali tiba di Tokyo setelah perang berakhir ketika masih sebagian besar dalam reruntuhan, sebagai anggota pejabat AS. Dia segera terpesona dengan budaya Jepang, terutama film negara itu.

Dia bertemu Kurosawa pada tahun 1940-an dan menulis beberapa buku tentang sutradara terkenal itu, yang memenangkan Academy Award pada tahun 1989 untuk pencapaian prestasi seumur hidup.

Ia juga menulis teks bahasa Inggris untuk tiga dari filmnya, termasuk "Kagemusha" dari tahun 1980.

Richie membawa Yasujiro Ozu, sutradara film klasik seperti "Tokyo Story," juga mendapat perhatian Barat, dan menulis luas tentang orang-orang lain dalam penulisan intelektual Jepang pascaperang, termasuk penulis Yukio Mishima, yang bunuh diri dengan ritual bunuh diri (harakiri) pada tahun 1970.

Ia bekerja sebagai kurator film di Museum New York Museum of Modern Art selama beberapa tahun.

Di Tokyo, ia sering menangani pendidikan penulisan di bidang perfilman.

Lebih dari 40 bukunya berkisar kritik film dan sketsa karakter orang-orang terkenal yang ia temui, termasuk "The Inland Sea" dan berbagai jurnal.

"Saya ingin diingat untuk tulisan saya, buku-buku saya," katanya kepada Lowitz setelah ia menderita serangan jantung pada tahun 2009. "Tetapi saya akan mungkin diingat untuk beasiswa saya di Jepang." (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar