About

Information

Kamis, 21 Februari 2013

Sports, Kamis 21 Februari 2013

Kamis, 21 Februari 2013 - 04:17:52 WIB
Sidang Kasus Atlet Paralimpiade Berlanjut
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Other 


Komhukum (Pretoria) - Sidang kasus pembunuhan yang melibatkan atlet Oscar Pistorius berlanjut Rabu (20/2) ini dengan agenda pembacaan rincian kasus oleh Jaksa Afrika Selatan di Pretoria.

Pasangan itu diperkirakan akan menekankan keterangan para tetangga yang mendengarkan adanya pedebatan yang keras di rumah Pistorius sebelum menembak pacarnya, Reeva Steenkamp.

Jaksa menduga ada kemungkinan Pistorius bertengkar dengan kekasihnya, sebelum pembunuhan terjadi. Selasa (19/2) lalu Pistorius mengatakan dalam persidangan, bahwa dia menembak pacarnya melalui pintu kamar mandi karena menyangka ada penyusup yang masuk ke rumahnya. 

Setelah berteriak terhadap 'penyusup' dia menembak sebanyak empat kali ke arah pintu. Setelah penembakan, dia baru menyadari bahwa kekasihnya tidak berada di tempat tidur. Pistorius menyatakan dia mencintai kekasihnya dan tidak memiliki niat untuk membunuhnya.

Persidangan yang atlet peraih emas Olimpiade London ini, diperkirakan akan berlangsung cepat. Dia didakwa dengan pasal pembunuhan. Sebelumnya, sidang perdana terhadap Pistorius berlangsung bersamaan dengan pemakaman Reeva Steenkamp.

Model berusia 29 tahun yang merupakan lulusan fakultas hukum, dikremasi di kampung halamannya Port Elizabeth. Ayahnya, Barry Steenkamp, mengatakan kepada wartawan :"Kami akan mengenang Reeva di hati kami selamanya."

Kasus ini mendapatkan perhatian yang luas di Afrika Selatan, negara yang menganggap Oscar Pistorius sebagai pahlawan nasional. Pistorius menjadi juara dalam Paralimpiade selama beberapa kali, dia meraih emas di Athena 2004, Beijing 2008 dan London 2012.

Sementara itu, Presiden Komite Paralimpiade Internasional IPC Sir Philip Craven mengatakan olahraga disabilitas sempat kaget dengan penahanan Oscar Pistorius dalam kasus pembunuhan. "Ini sesuatu yang akan pulih seiring dengan waktu," kata Craven kepada BBC Sport.

"Kita akan melangkah ke depan dengan gerakan mempromosikan Paralimpiade dan penampilan atlet kita." Dalam sebuah surat terbuka yang dimuat dalam situs resmi IPC, menekankan peningkatan "kesejahteraan atlet berprestasi" akan tetap dilakukan dalam momentum London 2012, meskipun ditengah kontroversi kasus Pistorius.

"Profil atlet kami tak pernah mendapat sorotan besar, sama dengan tak adanya permintaan untuk menonton olahraga Paralimpiade," kata dia.  (K-4/BBC)

0 komentar:

Posting Komentar