About

Information

Minggu, 10 Februari 2013

Sports, Minggu 10 Februari 2013

Minggu, 10 Februari 2013 - 17:28:23 WIB
Mali Rebut Juara Tiga Piala Afrika
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sepak Bola 


Komhukum (Port Elizabeth) - Gol-gol yang disarangkan oleh Mahamadou Samassa, Seydou Keita dan Sigamary Diarra memberi Mali kemenangan 3-1 atas Ghana dalam pertandingan play-off perebutan tempat ketiga Piala Afrika 2013 di Afrika Selatan, Sabtu (9/02).

Mali juga mengalahkan Ghana dalam pertandingan playoff serupa pada Piala Afrika di Guinea Khatulistiwa dan Gabon setahun yang lalu.

Samassa membuat Mali unggul terlebih dahulu pada menit ke-21 lewat tandukannya yang akurat setelah mendapat umpan matang dari Adama Tamboura di sisi kiri lapangan.

Pemain terbaik pada pertandingan itu, Keita, membuat Mali unggul 2-0 sesaat setelah memasuki babak kedua, setelah pemain tengah itu menyelinap masuk kota penalti untuk melesakkan umpan dari Ousmane Coulibaly.

Kemenangan itu yang kemungkinan merupakan pertandingan perpisahan Piala Afrika bagi Keita, yang berusia 33 tahun, menjadi akhir yang membahagiakan bagi Mali setelah pada laga semifinal kalah 1-4 dari Nigeria.

Ghana membuang peluang untuk menguasai pertandingan itu ketika Salif Coulibaly gagal mencetak gol. Begitu pun peluang emas melalui tendangan penalti Mubarak Wakaso di menit ke-58 melambung di atas mistar gawang.

Wakaso sebelumnya sudah tiga kali melesakkan tendangan penalti di turnamen tersebut.

Ghana akhirnya berhasil membalas satu gol ketika Kwadwo Asamoah mengecoh kiper Soumbeyla Diakite lewat tembakan jarak jauhnya di menit ke-82.

Kemudian, saat Ghana berusaha menyamakan kedudukan, Mali melakukan serangan gencar dengan mencetak gol ketiga Mali di menit akhir.

"Saya sangat bangga dengan penampilan para pemain saya. Mereka bekerja keras untuk mendapat medali perunggu. Saya kira orang-orang di Mali akan merasa sangat senang dengan performa kami itu," ujar pelatih timnas Mali Patrice Carteron asal Prancis.

Sementara pelatih timnas Ghana Kwesi Appiah mengatakan, "Saya yakin para pemain saya sudah bermain dengan sebaik-baiknya. Kami mendapatkan banyak peluang dan tidak memanfaatkannya dengan baik. Para pemain ini bisa bermain lebih baik lagi jika mereka mendapatkan lebih banyak peluang lagi karena mereka semua adalah pemain yang berpengalaman." 

Nigeria, yang menjadi juara dalam Piala Afrika 1980 dan 1994, akan bertemu dengan Burkina Faso, yang raihan terbaiknya sebelumnya adalah saat mencapai semifinal 1998, dalam laga final di stadion Soccer City, Soweto, Johannesburg, untuk memperebutkan gelar juara Piala Afrika 2013. (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar