About

Information

Rabu, 13 Februari 2013

Sports, Rabu 13 Februari 2013

Rabu, 13 Februari 2013 - 12:14:35 WIB
Timnas Nigeria Disambut Seperti Pahlawan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sepak Bola 


Komhukum (Abuja) - Tim nasional sepak bola Nigeria tiba di negaranya Selasa (12/02) dan mendapat sambutan luar biasa dari ribuan manusia yang berjejer di tepi jalan, tak ubahnya menyambut pahlawan mereka, setelah negara itu haus gelar selama 19 tahun di Piala Bangsa Afrika.

Pesawat yang membawa para pemain mendarat di Bandara Abuja yang semrawut disambut suara genderang dan sorakan pendukungnya, sebelum mereka berangkat ke stadion nasional dielu-elukan penyambut di sepanjang jalan.

"Saya tersentuh dengan apa yang saya saksikan," kata pemain bertahan Joseph Yobo kepada wartawan, ketika tim itu berparade membawa piala mereka mengelilingi stadion.

"Saya tidak menyangka tim kami mendapat sambutan seperti ini. Memenangi satu turnamen merupakan hal luar biasa," katanya.

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan akan menyambut para pemain dan seluruh staf pelatih dan ofisial lain dalam resepsi khusus malam hari di villanya.

Nigeria mengalahkan Burkina Faso 1-0 di babak final pertandingan yang berlangsung di Johannesburg, Minggu malam, dan Stephen Keshi menjadi orang kedua yang memenangi Piala Nasional baik sebagai pelatih maupun pemain.

Namun masalah sepak bola Nigeria yang selalu menjadi drama permainan mereka, belum usai sebatas di dalam lapangan.

Keshi menyebutkan ia akan mengundurkan diri Senin, karena perseteruan dengan Federasi Sepak Bola Nigeria, tetapi ia mengatakan di Abuja bahwa ia diminta agar mengurungkan niatnya itu.

"Ketika saya dalam masalah dan akan mengungkapkan ketidaksukaan saya dalam beberapa hal...Saya memiliki kesempatan untuk mendiskusikannya. Saya diingatkan tentang posisi saya dan agar meneruskannya," kata Keshi dalam pernyataannya.

Nigeria yang "gila" bola tidak menyangka penampilan mereka dalam kompetisi negara Afrika itu begitu menakjubkan, tidak seperti yang terjadi pada turnamen sebelumnya.

Kemenangan itu mengejutkan negara yang berpendudukan 160 juta jiwa itu, yang merayakan kemenangan itu mulai dari padang pasir Sahara di kawasan Muslim di utara, hingga ke kawasan penghasil minyak di pantai Atlantik, dalam kerukunan nasional yang hebat.

Piala Nasional diraih Nigeria untuk ketiga kalinya, setelah sebelumnya pada 1980 dan 1994, yang terakhir ketika Keshi sebagai kapten kesebelasan.

Mereka akan tampil lagi pada turnamen Piala Konfederasi di Brazil Juni mendatang dan akan bertemu dengan juara Oceania Tahiti, juara Amerika Selatan Uruguay serta juara dunia dan Eropa Spanyol. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar