About

Information

Sabtu, 09 Februari 2013

Sports, Sabtu 09 Februari 2013

Sabtu, 09 Februari 2013 - 15:34:50 WIB
Menpora Sesalkan Keputusan Penggantian Pelatih Timnas
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sepak Bola 


Komhukum (Jakarta) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menyayangkan keputusan kontroversial PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin Husin terkait pengangkatan pelatih timnas baru asal Argentina, Luis Manuel Blanco.

Pengangkatan mantan pelatih Timnas U-20 China sebagai pelatih timnas dilakukan saat para penjuang olahraga sepak bola itu belum pulang ke Tanah Air setelah menjalani pertandingan Pra Piala Asia (PPA) 2015 melawan tuan rumah Irak.

"Cukup disayangkan keputusan yang diambil PSSI. Seharusnya harus hati-hati dalam melangkah," kata Roy Suryo di sela Deklarasi Pemuda Anti Narkoba di halaman Kemenpora Jakarta, Sabtu.

Pengangkatan pelatih timnas baru oleh PSSI, kata Roy Suryo dinilai kurang tepat karena federasi sepak bola Indonesia saat ini terus mendapatkan sorotan dari masyarakat sepak bola Indonesia terutama dampak dari konflik yang berkepanjangan.

Hal yang cukup disesalkan lagi oleh pengganti Andi Mallarangeng ini adalah kurangnya koordinasi dengan pelatih timnas yang ada saat ini yaitu Nil Maizar. Bahkan mantan pelatih klub Semen Padang itu mengetahui pengangkatan pelatih timnas baru dari media.

"Nil Maizar saja mengetahui ada pelatih baru dari media. Seharusnya ada mekanisme yang telah dalam menentukan keputusan," kata Roy Suryo menambahkan.

PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin Husin telah mengangkat Luis Manuel Blanco sebagai pelatih timnas, Kamis (7/2). Berdasarkan pengakuan pelatih asal Argentina itu dirinya dikontrak sebagai pelatih senior dan U-23 meski akhirnya dibantah oleh PSSI.

Djohar Arifin Husin berdalih, kontrak yang dilakukan terhadap pelatih asing itu dilakukan setelah adanya kerjasama bilateral antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Argentina. Sedangkan untuk pembayaran gaji dilakukan oleh pihak ketiga.

"Dia dikontrak selama dua tahun. Sedangkan gajinya ditanggung oleh pihak ketiga," kata Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin saat mengenalkan Luis Manuel Blanco bersama stafnya.

Keputusan Djohar Arifin Husin ini juga kurang mendapatkan dukungan dari anggota Komite Eksekutif PSSI lainnya. Menurut anggota Komite Eksekutif (EXCO) PSSI Bob Hippy, keputusan mengangkat pelatih baru itu tidak dilakukan dengan mekanisme yang benar.

"Belum dibahas dirapat EXCO. Jika ini benar kami harus tahu persis siapa orang ketiga yang membayar gaji dia (Luis Manuel Blanco). Kami tidak ingin kasus Riedl kembali terjadi," kata Bob Hippy dengan tegas.

Pria yang juga Koordinator Timnas itu mengaku meski ada pelatih baru untuk timnas, untuk saat ini tidak ada pergeseran pelatih. Nil Maizar tetap sebagai pelatih timnas senior dan tetap mendapatkan tugas mempersiapkan tim untuk pertandingan Pra Piala Asia 2015 melawan Saudi Arabia di Jakarta, 23 Maret nanti. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar