About

Information

Jumat, 08 Maret 2013

Batu Granit Raksasa Layaknya Perahu Layar

Jumat, 08 Maret 2013 - 14:17:25 WIB
Batu Granit Raksasa Layaknya Perahu Layar
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Jakarta) - Seorang teman memberitahu saya untuk berkunjung ke Pulau Batu Berlayar saat ke Provinsi Bangka Belitung (Babel). Akhirnya sempat saya realisasikan juga saat liburan kemarin. Saya pun naik boat selama 15 menit dari Tanjung Kelayang.

Pulau Batu Berlayar terletak di sisi barat Tanjung Kelayang, tidak terlalu jauh dari daratan utama Pulau Belitung. Sampai juga di Pulau Batu Berlayar.

Landmark pulau ini adalah sepasang batu granit berukuran besar dengan ketinggian sekitar 10 m. Dari jauh, sepasang batu granit besar ini bentuknya terlihat seperti perahu layar, dari sinilah asal-usul nama Pulau Batu Berlayar. 

Pulau seukuran lapangan tenis ini sejatinya hanya bisa dinikmati saat air surut. Karena ada saat air surut, pulau ini terdiri dari pasir putih sangat halus dan batuan granit besar di tengahnya. Akan tetapi pada saat air pasang hanya menyisakan sedikit pasir putih sehingga boleh dikatakan hanya terdiri dari batuan granit saja. Belum lagi ada batu berbentuk sirip ikan hiu, pokoknya bentuk formasi batu di pulau ini unik banget deh!

Karena letaknya berdekatan dengan Pulau Lengkuas (dengan mercusuarnya yang terkenal), banyak pengunjung Pulau Batu Berlayar yang berfoto dengan mercusuar Pulau Lengkuas debagai latar belakangnya. Patut diwaspadai kalau anda berjalan-jalan di air dangkal sisi timur pulau ini, karena banyak Bulu Babi (Sea Urchin) yang seringkali menyerang pengunjung dengan duri tajamnya yang beracun.

Bagi anda yang penggemar snorkeling boleh mencoba kegiatan ini di sisi barat pulau. Di spot ini terdapat beragam terumbu karang lengkap dengan ikan hias yang menghuninya. Tapi waspada juga ya! Walaupun airnya jernih dan dangkal, arus airnya tiba-tiba saja bisa berubah menjadi kuat dan bisa mencelakai anda. Sekedar tips saja: tanyalah kepada pengemudi perahu mengenai waktu yang baik untuk snorkeling dan spot-spotnya yang terbaik. Pastinya si pengemudi perahu juga ingin pelanggannya terpuaskan dan kembali lagi suatu saat. Setuju...mari kita berkunjung! (K-5/iyo)

0 komentar:

Posting Komentar