About

Information

Kamis, 21 Maret 2013

Capres Harus Punya Gerakan "Menyerang"

Kamis, 21 Maret 2013 - 06:53:36 WIB
Capres Harus Punya Gerakan "Menyerang"
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Sekretaris Jenderal BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HPMI) Harry Warganegara Harun mengatakan calon presiden mendatang harus memiliki gerakan "menyerang" untuk menjamin stabilitas ekonomi.

"Pemimpin itu harus `offensif`, menyerang produk impor dengan kualitas produk lokal," kata Harry usai diskusi yang bertajuk "Peran Pemimpin Muda dalam Menjaga Stabilitas Politik dan Ekonomi 2014 menjelang ASEAN Economic Community 2015" di Jakarta, Rabu (20/03).

Harry menjelaskan peningkatan kualitas tersebut secara langsung bisa meningkatkan daya saing produk. "Kita jangan bertarung secara `defensif` (bertahan) dengan mencegah produk impor masuk dan menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI), tidak apa-apa produk impor masuk, kita tidak khawatir karena produk kita punya daya saing yang tinggi," katanya.

Dia juga mengatakan pemimpin harus menciptakan iklim dan lingkungan yang tepat untuk dunia usaha, seperti mempermudah peminjaman modal, perbaikan infrasturktur, dan menghilangkan pungutan liar (pungli). "Jeruk Medan lebih mahal dari Jeruk Mandarin karena ongkos yang dipakai lebih mahal dari Medan ke Jakarta daripada dari China ke Indonesia," ujarnya.

Dia mengatakan pungutan liar tersebut bisa dialokasikan untuk biaya kesehatan dan pendidikan. "Gerakan menyerang ini yang ditungu-tunggu," katanya.

Harry juga menghimbau untuk tidak terlena kepada isu politik mejelang Pemilu 2014 karena jika tidak dikelola dengan tepat bisa berpotensi terhadap kemunduran persaingan ekonomi global. "Memasuki 2013 banyak opini bermunculan, namun jika tidak dikelola secara tepat, ini akan berdampak pada kemunduran persaingan ekonomi global," tukasnya.  (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar