About

Information

Senin, 11 Maret 2013

Cara Menikmati Sake dari Jepang

Senin, 11 Maret 2013 - 20:36:54 WIB
Cara Menikmati Sake dari Jepang
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Kuliner 


Komhukum (Jakarta) - Ketika Jakarta beberapa tahun terakhir dipenuhi oleh wine bar, terjadilah suatu pergerakan budaya di mana orang-orang mulai berbondong untuk mencari tahu lebih banyak tentang wine. 

Kini dengan semakin banyaknya restoran hidangan Jepang di Indonesia, bar sake pun bermunculan. Sake, yang merupakan hasil fermentasi beras, makin populer di kalangan menengah atas di Indonesia. 

Selain bisa ditemukan di restoran-restoran ala Jepang, sake memang makin banyak tersedia di bar-bar sebagai pilihan minuman di kala santai. Pada dasarnya sake sama dengan wine, yang sama-sama dihasilkan melalui proses fermentasi tanpa distilasi. 

Cara menikmatinya pun menjadi sebuah budaya yang mengakar dari negara asalnya. “Sake paling enak dinikmati atau biasa dinikmati oleh orang Jepang pada saat musim dingin. Di Indonesia memang tak ada musim dingin, namun saat hujan dan cuaca dingin, itulah saat terbaik menikmati sake,” ujar Chef Kamachi Masahiro, yang memiliki keahlian di bidang perdagingan dan wine di restoran Bistronomy, Jakarta.

Sake biasanya disajikan dalam tokkuri (botol keramik kecil) dan dituangkan ke dalam o-choko (cangkir sake kecil), serta dapat disajikan  panas atau dingin. Seperti juga wine, sake bisa dinikmati bersama penganan-penganan tertentu.

“Teman minum sake yang terbaik adalah hidangan appetizer, atau Anda bisa menikmati sushi dan sashimi bersama sake,“ saran Chef Kamachi, yang senang menyarankan padanan antara menu yang Anda santap dengan minuman yang tepat. “Sake cocok disantap oleh semua menu yang berbahan dasar ikan.” (K-4/Sarah)

0 komentar:

Posting Komentar