About

Information

Rabu, 20 Maret 2013

Daihatsu Targetkan Penjualan 200 Ribu Mobil di Tahun 2013

Rabu, 20 Maret 2013 - 07:17:16 WIB
Daihatsu Targetkan Penjualan 200 Ribu Mobil di Tahun 2013
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Balikpapan) - P.T Astra Internasional-Daihatsu menargetkan mampu menjual hingga 200 ribu unit mobil selama 2013 setelah sukses mencapai 163 ribu unit pada tahun silam.

"Angka itu memang cukup tinggi," kata Suparno Djasmin, Chief Executive Officer PT. Astra Internasional-Daihatsu Sales Operation (CEO-DSO) di Balikpapan, Selasa (19/03).

Suparno hadir dalam acara peresmian ruang pamer dan bengkel Daihatsu yang dikelola PT. Serba Mulia Auto di Jalan Jenderal Sutojo S, Gunung Malang, Balikpapan.

Disebutkannya bahwa penjualan 200 ribu unit itu termasuk juga ke negara tujuan ekspor, termasuk Jepang sendiri.

Mobil kompak Daihatsu Ayla akan menjadi salah satu andalan selain Xenia, Terios, dan Luxio.

Ayla adalah produk otomotif pertama yang desainnya dibuat oleh karyawan Astra-Daihatsu sendiri yang bernama Mark Widjaja yang mengalahkan desainer dari Italia, Prancis, dan Jepang.

Menurut Suparno, untuk memulai penjualan Ayla masih menunggu peraturan pemerintah mengenai mobil murah hemat bahan bakar.

Regulasi itu, menurut Menteri Perindustrian MS Hidayat seperti dikutip Suparno, tinggal menunggu tanda tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ruang pamer dan bengkel Serba Mulia yang baru diresmikan juga bagian dari penyuksesan target penjualan tersebut.

Melalui dealer utama AI-DSO dan sejumlah dealer lainnya, Daihatsu terus memperluas jaringan outlet (gerai) serta meningkatkan kualitasnya melalui program standardisasi gerai.

"Saat ini jumlah outlet Daihatsu 196 buah, terdiri dari 111 outlet VSP (vehicle, service, parts) dan 85 outlet V (vehicle) tersebar di seluruh Indonesia," ungkap Suparno.

Di tahun 2012, Daihatsu mendapatkan penghargaan JD Power Asia Pacific dengan menduduki ranking 1 sales satisfaction index (indeks kepuasan pelanggan saat melakukan transaksi pembelian kendaraan).

Suparno mengaku optimis sasaran akan tercapai, meski di pasaran bersaing dengan merek-merek mobil berkapasitas lima penumpang.

Astra-Daihatsu sedang menyelesaikan pembangunan pabrik baru di Karawang, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 120.000 unit per tahun dan diharapkan bisa mulai berproduksi pada kuartal pertama tahun 2013.

Pabrik itu akan meningkatkan kapasitas produksi secara bertahap menjadi 460 ribu unit per tahun sekaligus menjadikan Astra-Daihatsu Motors sebagai produsen mobil terbesar di Tanah Air.

Pabrik baru di Karawang akan dilengkapi dengan fasilitas penelitian dan pengembangan. (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar