About

Information

Rabu, 20 Maret 2013

Gedung Olah Seni di Klender Bagai Bangunan Tak Bertuan

Rabu, 20 Maret 2013 - 12:32:55 WIB
Gedung Olah Seni di Klender Bagai Bangunan Tak Bertuan
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Jakarta) - Gedung Olah Seni di Malaka Jaya, Duren Sawit yang sebelumnya difungsikan untuk pusat latihan dan  pementasan kesenian kini sudah beralih fungsi menjadi gudang.

Hal ini dipertanyakan warga Kelurahan Malaka Jaya, khususnya warga di RW 012 dan RW 03 Kelurahan Malaka Jaya. Pasalnya, saat ini Gedung Olah Seni (GOS) yang berada di Jl Bunga Rampai Raya, Perumnas Klender, Jakarta Timur, tersebut kini kurang terawat dan sangat memprihatinkan.
 
“Padahal sebelum tahun 2000 gedung tersebut sangat bermanfaat untuk kegiatan pendidikan kesenian warga Malaka Jaya, seperti latihan tari, musik, seni lukis, dan karawitan. Sekarang malah sama sekali tidak dipergunakan untuk kegiatan kesenian,” ujar Ketua RW 03 Malaka juga Ketua Forum RW Malaka Jaya Jaya Andang Suharyonodi Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (20/03).
 
Andang mengatakan, gedung itu pernah dijadikan tempat untuk berbagai latihan kesenian. Bahkan, dia dulu rutin berlatih gamelan di GOS tersebut. “Tapi, sekarang tidak bisa, karena banyak tumpukan barang-barang bekas,”ujarnya. 
 
Sementara itu Anggota LMK RW 012 Imam mengatakan mengetahui kegiatan yang sejak dulu sering dilaksanakan  di gedung GOS tersebut.

“Dulu banyak kegiatan di GOS. Tapi setelah Kanwil Depdikbud dihapus lalu Gedung Olah Seni di kelolah oleh Dinas Dikmen DKI tetapi kini dijadikan gudang,” kata Imam.
 
Ia menambahkan, karena itu LMK sepakat untuk mengusulkan agar GOS dikembalikan fungsinya untuk tempat pengembangan kesenian bagi warga Malaka Jaya.
 
“Kami akan memperjuangkan Gedung Olah Seni agar kembali tempat pementasan kesenian, latihan tari-tarian dan saya lihat GOS ini terkesan kurang perawatan serta banyak yang rusak bangunannya juga atap plafon atasnya hilang,”imbuhnya.
 
Sementara Kepala Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Timur, Rita Aryani mengatakan, akan lihat keberadaan Gedung Olah Seni tersebut dan kita akan kembalikan seperti sediakala.
 
“Kami akan segera melihat kondisi Gedung tersebut, kalau benar digunakan buat gudang akan segera dibersihkan, agar sarana buat kesenian dapat diperdayakan lagi,” kata Rita. (K-5/Shilma)

0 komentar:

Posting Komentar