About

Information

Selasa, 12 Maret 2013

Harlem Shake "Meledak", Pengisi Suara Minta royalti

Selasa, 12 Maret 2013 - 19:09:42 WIB
Harlem Shake "Meledak", Pengisi Suara Minta royalti
Diposting Oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Musisi reggae Hector Delgado dan rapper Jayson Musson, yang suaranya dipakai dalam lagu "Harlem Shake" meminta kompensasi atas meledaknya lagu tersebut.

Kedua artis itu menyebutkan produser "Harlem Shake", Harry Rodrigues yang juga dikenal sebagai DJ Baauer, tidak memiliki izin untuk menggunakan suara mereka.

Suara Delgado terdengar pada awal lagu, "con los terroristas" yang merupakan penggalan single-nya tahun 2006. Sementara itu, Musson meneriakkan "do the Harlem Shake" sekitar menit ke-15. Penggalan lirik itu diambil dari lagu yang dinyanyikan Musson bersama grupnya Plastic Little tahun 2001.

Kepada New York Times,  Javier Gomez yang merupakan perwakilan manajemen Delgado  menyebut situasi itu sebagai "pelanggaran terhadap hak intelektual".

Musson mengatakan sejauh ini label " tak sekadar kooperatif" namun belum ada kesepakatan yang tercapai.

Menurut BBC, DJ Baauer dan label Mad Decent menolak mengomentari peristiwa ini.

Barney Hooper dari PRS for Music, yang menyuarakan hak para pencipta musik, berpendapat "bila satu bagian lagu menjadi sampel di lagu lain, biasanya pencipta lagu asli mendapat bagian royalti bila lagu baru itu dimainkan, ditampilkan, atau diproduksi ulang."

Tetapi, lanjut Hooper, terkadang situasinya rumit. "Sering ada perdebatan mengenai kepemilikan tentang karya populer yang menggunakan sampel dari karya lain," katanya. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar