About

Information

Rabu, 13 Maret 2013

Investor China Dan Jerman Tertarik Proyek Deep Tunnel

Rabu, 13 Maret 2013 - 18:37:00 WIB
Investor China Dan Jerman Tertarik Proyek Deep Tunnel
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Jakarta) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sejumlah investor tertarik untuk bergabung dalam proyek pembangunan terowongan multifungsi (deep tunnel) di Ibukota.

"Sudah ada beberapa investor yang ingin terlibat dalam proyek pembangunan deep tunnel, di antaranya investor asal Jerman dan China, kemudian masih ada lagi yang lainnya," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (13/03).

Bahkan, menurut Jokowi, investor dari Jerman telah memberikan paparan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Menurutnya, dalam pemaparan tersebut, pihak Jerman turut mengajak sejumlah teknisi ahli.

"Mereka (investor Jerman) sudah memberikan paparan, bahkan sekaligus membawa teknisi ahli langsung dari Jerman, yaitu tenaga pengebor nomor satu di dunia," ujar Jokowi.

Jokowi menilai pemaparan yang disampaikan oleh investor Jerman cukup menarik. Dia mengaku optimistis proyek pembangunan deep tunnel tersebut mampu menarik minat lebih banyak investor.

"Setelah Jerman, saya yakin proyek ini (pembangunan deep tunnel) pasti akan menarik lebih banyak lagi investor, baik lokal maupun asing," ungkap Jokowi.

Seperti diketahui, proyek deep tunnel sepanjang 22 Km itu rencananya akan dibangun di bawah jaringan jalan yang membentang dari Jalan M.T. Haryono hingga Pluit. Terowongan itu memiliki diameter 16 meter dan dibangun di bawah tanah dengan kedalaman 40-60 meter.

Nantinya, deep tunnel juga memiliki berbagai fungsi, di antaranya sebagai saluran air raksasa pada saat banjir serta sebagai sarana transportasi karena akan dibangun jalan yang dapat dilalui kendaraan di dalam terowongan tersebut.

Biaya yang diperlukan untuk membangun terowongan raksasa tersebut diperkirakan mencapai Rp. 16 triliun. (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar