About

Information

Senin, 11 Maret 2013

Kolang-kaling Dijadikan Minuman Kesehatan

Senin, 11 Maret 2013 - 12:38:18 WIB
Kolang-kaling Dijadikan Minuman Kesehatan
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Bogor) - Mahasiswa Departemen Manajemen Institut Pertanian Bogor membuat inovasi dari buah siwalan atau kolang-kaling menjadi minuman kesehatan.

"Kami menamakannya dengan `Simon Drink` (Siwalan with Lemon Drink)," kata Indrajit Wicaksana, koordinator inovasi tersebut di Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/03).

Bersama rekannya Ilman Faturochman, Muhammad Nurhuda N, Hana Maretha dan Diara Mutiarani, tim itu menciptakan minuman kesehatan dari buah siwalan yang juga berguna untuk menambah stamina itu.

Di bawah dosen pembimbing Dr. Ir. Idat Galih Permana, MSc.Agr., kelima mahasiswa itu menuangkan ide kreatifnya melalui ajang Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK).

Menurut Indrajit, cara membuatnya mudah, yakni buah siwalan dikupas dan dicuci bersih. Kemudian, buah dipotong-potong dan dihaluskan dengan blender. Setelah halus buah dicampur dengan air dan dimasak selama satu jam, lalu ditambah gula yang telah dicairkan setelah mendidih kemudian diangkat dan ditiriskan.

Saat terasa mulai dingin, katanya, dicampurkan jeruk lemon dan jeruk limau lalu diaduk dan disaring. "Penambahan lemon dimaksudkan untuk menambah cita rasa dan nutrisi yang dikandungnya," katanya.

Dikemukakan bahwa buah yang dihasilkan dari pohon siwalan ini dipercaya dapat dimanfaatkan airnya --yang telah difermentasikan selama 10 hari-- untuk meningkatkan vitalitas bagi pria dewasa. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar