About

Information

Senin, 11 Maret 2013

KPK Kembali Akan Panggil Mentan

Senin, 11 Maret 2013 - 20:14:40 WIB
KPK Kembali Akan Panggil Mentan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Korupsi 


Komhukum (Jakarta) - Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menjadwalkan pemeriksaan Menteri Pertanian Suswono, terkait kasus dugaan suap pembagian dan pengaturan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian pada hari Kamis mendatang (14/03).

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara KPK, Johan Budi SP jika pihaknya masih memerlukan kesaksian Suswono untuk tersangka mantan orang nomor satu di Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ihaaq (LHI).

"Ada rencana tanggal 14 Maret 2013, sebagai saksi untuk LHI (Luthfi Hasan Ishaaq). Karena masih diperlukan keterangannya terkait dengan kasus dugaan suap, dalam kaitan dengan kepengurusan kuota daging sapi di Kementan," kata Johan saat jumpa pers di kantornya, Kuningan, Jakarta, Senin (11/03). 

Menurut Johan, Suswono yang juga politisi dari PKS, untuk kedua kalinya dipanggil lembaga super body ini merupakan tindak lanjut dari keterangan saksi-saksi yang dihadirkan oleh penyidik KPK. 

"Dari keterangan beberapa saksi/tersangka kemudian penyidik memerlukan keterangan kembali dari Pak Menteri Pertanian (Suswono)," jelasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Pertanian Suswono, setelah diperiksa KPK, pada hari Senin (18/02) lalu. Ia mengakui jika ada pertemuan dengan LHI dan petinggi PT. Indoguna Utama. Kendati demikian dirinya tetap membantah jika dalam pertemuan tersebut mengenai intervensi dalam penetapan kuota impor daging sapi. "Betul (ada pertemuan). Intinya saya sudah sampaikan keterangan yang sebenarnya dan posisi saya sebagai saksi. Saya sudah sampaikan dengan gamblang," katanya waktu itu.

Di sisi lain, Luthfi  melalui kuasa hukumnya, M Assegaf juga membenarkan bahwa memang ada pertemuan yang berlangsung sekitar tanggal 10-11 Januari 2013 di Hotel Aryaduta yang juga dihadiri Suswono dan kliennya (LHI), turut hadir juga Direktur Utama PT. Radina Niaga Mulia, Elda Devianne Adiningrat dan Direktur Utama Maria Elizabeth Liman.

KPK memanggil kembali Menteri Pertanian Suswono setelah para penyidik secara marathon dan intens memeriksa beberapa saksi yang dari PT. Indoguna Utama dalam beberapa hari terakhir. (K-2/Achiel)

0 komentar:

Posting Komentar