About

Information

Rabu, 13 Maret 2013

Menjelajahi Bekas Dermaga Minyak Belanda

Rabu, 13 Maret 2013 - 19:36:38 WIB
Menjelajahi Bekas Dermaga Minyak Belanda
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata



Komhukum (Jakarta) - Menjelajahi sisa-sisa zaman penjajahan Belanda di Pulau Belitung ternyata ada saja yang unik. Tidak hanya berupa benteng, bangunan kantor dan makam saja. Ada juga yang berbentuk dermaga.

Salah satunya adalah lokasi bernama Pantai Olie Pier di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.
 
Olie Pier bila diartikan ke bahasa Indonesia artinya adalah dermaga atau pelabuhan minyak. Memang benar, karena dulunya dermaga yang dibangun oleh NV. BILITON MAATSCHAPPIJ ini gunanya adalah untuk mendrop suplai minyak yang akan digunakan untuk mendukung usaha pertambangan timah milik bangsa Belanda. Jadi dermaga ini mempunyai nilai sejarah tinggi karena pernah disandari kapal-kapal bangsa Belanda Zaman penjajahan dulu.

Sayangnya kondisi dermaga berkaki beton sepanjang sekitar 200 m ini sudah tidak layak disebut dermaga. Di beberapa tempat hanya tersisa kaki dermaganya saja, dek atasnya sudah hilang termakan usia.

Belum lagi ombak besar yang menghantam pantai berbatu di lokasi ini semakin memperparah keadaan karena mengikis sisa struktur dermaga dan menimbulkan abrasi pantai yang cukup parah.

Namun walaupun demikian, masyarakat lokal bangga akan keberadaan struktur bangunan bersejarah ini. Buktinya tempat ini menjadi spot populer pengunjung untuk memancing. Wah...seandainya dermaga ini bisa dilestarikan, ke depannya pasti bisa menarik lebih banyak pengunjung untuk mampir kemari. (K-5/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar