About

Information

Jumat, 08 Maret 2013

"Pandu Lima" Yang Cocok Jadi Capres Alternatif

Jumat, 08 Maret 2013 - 16:48:04 WIB
"Pandu Lima" Yang Cocok Jadi Capres Alternatif
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Lembaga swadaya masyarakat The President Center menilai ada lima tokoh yang layak sebagai calon presiden dan kandidat wakil presiden alternatif.

"Kelima tokoh alternatif itu kami sebut sebagai Pandu Lima," kata Koordinator The President Center Didied Maheswara melalui siaran persnya, di Jakarta, Jumat (8/03).

Menurut Didied, The President Center telah menginventarisasi lima nama tokoh dari sejumlah tokoh yang sering disebut-sebut sebagai calon presiden dan calon wakil presiden alternatif.

Kelima tokoh tersebut adalah Mahfud Md., Joko Widodo, Rizal Ramli, La Oe Ida dan Khofifah Indar Parawansa.

Upaya The President Center memperkenalkan kelompok Pandu Lima, menurut dia, adalah bagian dari pendidikan politik kepada masyarakat.

"Jangan sampai wacana pemimpin nasional didominasi oleh partai politik dan melahirkan pemimpin yang tersandera oleh kepentingan pragmatis," katanya.

Menurut Didied, penilaian layak diusung sebagai calon presiden dan calon wakil presiden alternatif dengan parameter, kompetensi, integritas, dan rekam jejak yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

"Kelima tokoh tersebut meskipun harus diakui memiliki nilai plus-minus masing-masing," katanya.

Didied menjelaskan bahwa Mahfud Md adalah pakar hukum yang diharapkan dapat mengatasi persoalan penegakan supremasi hukum, dan Joko Widodo adalah tokoh dengan pribadian sederhana dan alamiah.

Kemudian, Rizal Ramli adalah pakar ekonomi yang memiliki visi kerakyatan dan sikap konsisten serta memiliki jaringan internasional.

Sementara itu, La Ode Ida adalah tokoh dari Indonesia Timur yang konsisten menyuarakan berbagai persoalan daerah, serta Khofifah Indar Parawansa adalah tokoh perempuan yang memiliki keberpihakan terhadap rakyat kecil dan kaum perempuan.(K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar