About

Information

Selasa, 12 Maret 2013

Pantai Wisata Mampie Sekaligus Kawasan Hutan Lindung

Selasa, 12 Maret 2013 - 08:22:43 WIB
Pantai Wisata Mampie Sekaligus Kawasan Hutan Lindung
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Mamuju) - Pantai wisata Mampie yang terletak di Desa Galeso Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat, masih berstatus hutan lindung.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Selasa (12/03) mengatakan, pantai wisata Mampie yang menjadi andalan wisata pantai di Kabupaten Polman masih berstatus hutan lindung.

Ia mengatakan, pantai itu sudah lama dijadikan sarana rekreasi masyarakat namun statusnya belum berubah dari kawasan hutan lindung menjadi areal penggunaan lain (APL).

Oleh karena itu ia meminta kepada pemerintah pusat segera membebaskan status areal wisata Mampie dari kawasan lindung menjadi APL.

Menurut dia, secara umum percepatan pembangunan di Sulbar untuk mendorong terciptanya investasi di sektor kehutanan terkendala karena masih banyaknya lahan potensial yang sesungguhnya terkelola menjadi sumber pendapatan daerah dan dapat bernilai ekonomi bagi daerah ini terkendala kawasan hutan lindung.

"Selama ini pembangunan di Sulbar tidak terarah karena tidak adanya ketetapan yang mengatur atau menjadi rujukan bahwa hutan lindung di Sulbar sudah dialih fungsikan untuk pembangunan, sehingga pembangunan sektor kehutanan di Sulbar juga terkendala menarik investasi memacu pembangunan ekonomi daerah"katanya.

Sehingga ia berharap agar usulan percepatan pengalihan fungsi status hutan lindung di Sulbar dapat direspon dengan baik dan cepat Kementrian Kehutanan agar pembangunan daerah ini dapat lebih berkembang.

Pemerintah di Sulbar, sudah menggagas pengalihan fungsi hutan lindung di wilayahnya seperti pegunungan Sandapang di Kabupaten Mamuju seluas 148.298 hektare. Hutan yang selama ini menjadi pegunungan yang sering dituju para pendaki, untuk dijadikan taman nasional dan suaka margasatwa dan dapat menjadi aset wisata hutan untuk menambah pendapatan daerah ini.

Selain di Kabupaten Mamuju hutan lindung lainnya di Provinsi Sulbar yakni di Kabupaten Mamasa tepatnya di gunung Ganda Dewata, juga diupayakan dialihfungsikan menjadi taman nasional dan suaka margasatwa, seluas 79.342 Hektare Kemudian di Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polman yang akan dialihfungsikan menjadi taman hutan raya (Tahura) seluas 941 hektare hutan lindung di Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polman akan dialihfungsikan menjadi Tahura yang juga nantinya juga akan menjadi wisata hutan di Sulbar.

Berdasarkan data pemerintah di Sulbar Hutan lindung tercatat sekitar 104.022 hektare terdapat di Kabupaten Mamuju Utara, 302.438 hektare di Kabupaten Mamuju, 43.956 hektare di Kabupaten Majene, 55.166 hektare di Kabupaten Polman, dan sekitar 162.938 hektare di Kabupaten Mamasa. (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar