About

Information

Kamis, 21 Maret 2013

Pramono: Apakah Boleh Seorang Kasad Jadi Ketua Demokrat?

Kamis, 21 Maret 2013 - 14:35:50 WIB
Pramono: Apakah Boleh Seorang Kasad Jadi Ketua Demokrat?
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Pramono Edhie Wibowo menegaskan bahwa tak mungkin bagi seorang kepala staf untuk menjadi ketua partai politik.

"Pada prinsipnya apakah boleh seorang Kasad menjadi ketua Demokrat?," kata Pramono saat jumpa pers di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Kamis (21/03).

Dirinya bahkan tak mengetahui kapan jadwal kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat yang agendanya mencari ketua umum pengganti Anas Urbaningrum di Bali pada akhir Maret 2013.

"Tanya saja ke panitia KLB, saya tak ada kapasitas menjelaskan. Tapi, aturannya Kasad tak boleh menjabat ketum," tegas adik ipar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Kasad menjelaskan bahwa cita-citanya sejak masuk Akademi Militer adalah menjadi seorang prajurit TNI.

"Saya ingin mengakhiri semua sesuai batas waktu," kata Pramono yang akan pensiun pada 05 Mei mendatang.

Terkait isu mempercepat pensiun, Pramono menegaskan tak ada rencana untuk itu. Namun, ia mengaku saat ini dirinya sudah mengusulkan sendiri masa pensiunnya kepada Panglima TNI.

"Artinya, paling lambat akhir Mei 2013 Pramono akan melepas jabatannya sebagai Kasad dan sudah ada penggantinya. Kewenangan penggantian ada di Panglima TNI," tuturnya.

Pramono juga tak mengetahui siapa penggantinya kelak, namun yang jelas semua anggota TNI AD aktif berbintang tiga berkesempatan menjadi Kasad.

"Tinggal dicari saja, siapa anggota TNI AD yang berbintang tiga," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Ramadhan Pohan menyatakan figur Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Pramono Edhie Wibowo ideal memimpin Partai Demokrat, menggantikan Anas Urbaningrum yang berhenti dari jabatan ketua umum.

"Saya pribadi 'prefer' Pak Pramono Edhie Wibowo," kata Ramadhan Pohan di Jakarta, Senin, menjawab sejumlah nama kandidat Ketua Umum DPP Partai Demokrat yang akan dipilih dalam kongres luar biasa dalam waktu dekat ini.

Ramadhan yang juga anggota Komisi I DPR-RI menyebutkan Pramono merupakan figur tokoh yang komunikatif, merakyat, tegas, konstitusional, loyal pada bangsa dan negara, tidak pernah "neko-neko", dan dekat dengan semua golongan.

"Kriteria Pak Pramono Edhie Wibowo pasti pas dengan realitas Partai Demokrat," ucapnya.

Bahkan ia menyebutkan para kader, fungsionaris, anggota, atau simpatisan Partai Demokrat di pusat dan daerah pasti lega dan respek pada figur Pramono.

"Gejolak internal nyaris tidak ada. Bagi Partai Demokrat, ini sekalian jalan cepat memulihkan harapan publik pada Partai Demokrat," katanya. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar