About

Information

Jumat, 08 Maret 2013

Situ Rawa Badung Semakin Menyempit

Jumat, 08 Maret 2013 - 16:02:37 WIB
Situ Rawa Badung Semakin Menyempit
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Jakarta) - Kondisi Situ Rawa Badung saat ini kian menyempit serta saluran air menuju Kali Buaran tersumbat hingga sering menimbulkan terjadi banjir di kawasan pemukiman tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang warga RT 13/RW 08 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung Muhammad (51). Menurutnya, kalau hujan turun pemukiman penduduk sekitar Situ Rawa Badung mengalami banjir.

“Kejadian ini terjadi sejak tahun 2004 lalu, sejak lahan situ mulai banyak ditempati lahan bangunan sehingga situnya jadi semakin menyempit. Ada 3 RT yang menjadi langganan banjir saat hujan besar datang yakni RT 13, RT 05 dan RT 02 RW 08 Kelurahan Jatinegara,” ujarnya, Jumat (8/03).

Selain Muhamad warga RW 08 Umar Farouq (38) mengatakan bahwa selain penyempitan situ sebagai penyebab banjir di pemukiman warga, banjir juga terjadi karena ada penyumbatan saluran air dari Situ Rawa Badung menuju Kali Buaran.

"Itu saluran airnya tersumbat. Masalahnya, lahan di atas saluran air tersebut ternyata dimanfaatkan sebagian warga untuk tempat usahanya," kata Farouq.

Para warga berharap agar Situ Rawa Badung segera dibersihkan agar saluran air tidak tersumbat. Selain itu ada penataan terhadap situ sehingga tidak semakin mengecil saja. Tidak seperti saat ini, Situ Rawa Badung pun banyak ditumbuhi eceng gondok.

Dari pantauan Komhukum.com di lapangan, kondisi Situ Rawa Badung yang terletak di Jl KRT Radjiman Widyaningrat, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung tersebut, selain dipenuhi oleh tanaman eceng gondok, juga banyak tumpukan sampah di pingirnya. Selain itu di sekitar situ banyak terdapat bangunan warga yang menjorok masuk ke dalam Situ Rawa Badung.

Terkait dengan keluhan dari sejumlah warga di sekitar Situ Rawa Badung tersebut, Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Timur Suhartono menjelaskan bahwa Situ Rawa Badung saat ini terbelah oleh Jl KRT Radjiman Widyadiningrat.
 
"Untuk kawasan situ yang di sebelah barat dengan luas sekitar 2.000 M2, saat ini masih dalam kawasan PT. JIEP, dan memang baru akan dikoordinasikan dengan pihak dinas untuk kita urus," kata Suhartono.

Menurutnya, akibat belum diserahkan pengurusan situ tersebut dan pihaknya pun belum dapat mengurus dengan optimal, berbeda dengan sisi sebelah timurnya.
 
"Untuk sisi yang sebelah timur sudah diserahkan kepada kita sehingga kita bisa rawat dengan baik. Tapi sudah kita urus dengan pihak Dinas, dan segera setelah selesai prosesnya, sisi barat Situ Rawa Badung akan langsung kita tangani," pungkasnya. (K-2/Shilma)

0 komentar:

Posting Komentar