About

Information

Kamis, 04 April 2013

KPU Ubah Jadwal Tahapan Pemilu Karena Anggaran

Kamis, 04 April 2013 - 19:30:02 WIB
KPU Ubah Jadwal Tahapan Pemilu Karena Anggaran
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - KPU terpaksa mengubah jadwal tahapan Pemilu 2014, dengan memundurkan jadwal pendaftaran bakal calon legislatif karena terkendala masalah dana anggaran yang baru saja dicairkan Pemerintah.

"Dana Pemilu baru turun sekira dua pekan yang lalu, padahal tahapan sudah dimulai sejak awal tahun (Januari). Oleh karena itu, kami terpaksa memundurkan jadwal," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di Kantor KPU Pusat Jakarta, Kamis (4/04).

Hadar mengakui bahwa biaya politik untuk pelaksanaan Pemilu di Indonesia sangat besar, terutama untuk membayar honor petugas Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Pembentukan PPK, PPS dan KPPS, yang seharusnya sudah selesai, tidak bisa dilaksanakan. Pemutakhiran data pemilih (Pantarlih), yang seharusnya juga sudah dimulai, baru bisa dimulai pada tanggal 15 April," jelasnya.

Selain pertimbangan keterlambatan penurunan dana dari Pemerintah, KPU juga mempertimbangkan dua hal lain terhadap keputusan pemunduran jadwal tahapan pendaftaran bakal caleg.

Dengan pemunduran jadwal tahapan tersebut, KPU berharap partai politik peserta Pemilu dan KPU daerah mempunyai waktu lebih untuk mempersiapkan pencalegan.

Selain itu, pertimbangan penyesuaian terhadap sengketa juga diharapkan dapat berjalan lancar dengan waktu yang lebih panjang.

KPU melakukan perubahan, untuk keempat kalinya, terhadap Peraturan KPU tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD.

Peraturan tersebut diubah dari PKPU Nomor 07 Tahun 2012 menjadi PKPU Nomor 06 Tahun 2013.

Dengan demikian, berdasarkan peraturan baru tersebut, masa pendaftaran bakal caleg dimulai pada tanggal 9-22 April. (K-2/yan)

0 komentar:

Poskan Komentar