About

Information

Selasa, 14 Mei 2013

Lalai "Update" Situs PVMBG Diretas

Selasa, 14 Mei 2013 - 08:47:13 WIB
Lalai "Update" Situs PVMBG Diretas
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Bandung) - Situs resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian ESDM dengan laman http://www.vsi.esdm.go.id/ diretas. Pengamat IT Budi Raharjo menuturkan peretas itu bisa dikarenakan pengelola situs lalai melakukan "update" secara berkala.

"Selain itu, pengelola situs juga lalai meng-update Operation System (OS). Content manajement berupa password juga dinilia lemah. Dan sekitar 80 persen penyebab situs mudah disusupi seperti itu," ujar Budi saat dikonfirmasi melalui telephone genggamnya, Senin (13/05).

Ketika dikunjungi pada Senin sekitar pukul 15.04, laman tersebut hanya menampilkan tulisan GOTCHA :P LOL| You IP 222 124 17 169| PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA| INDONESIA| dan disisi tulisan tersebut terdapat lambang bendera merah putih.

Pada bagian tengah gambar terdapat tulisan "P0wn3d By xbuster404", tulisan itu berwarna merah dan juga terdapat pula foto seorang anak kecil berprofesi pemulung membawa karung yang sedang berjalan yang dilihat dari bagian belakang dan di bagian bawah gambar juga terdapat tulisan "aku hanyalah seorang pemulung web".

Ketika dikonformasi kepada Kepala PVMBG Surono, dirinya malah baru mengetahui kabar diretasnya situs itu dari wartawan. "Betul (diretas), tentunya kami sedih kenapa harus disabotase begini. Kami tahunya malah dari teman-teman media," ujar Surono.

Sementara itu Pengamat IT Budi Raharjo menambahkan situs-situs pemerintahan tergolong rawan diserang oleh "hacker" karena pengelola terkesan ketika membuat situs sehingga melupakan sistem pengamanan.

"Tentang tingkat kerusakan situsnya, saya belum bisa memastikan karena belum diteliti secara seksama. Tapi, permasalahan itu bisa diselesaikan dengan cara re-Install lalu diperkuat sistem pengamanan yang kemudian diisi kembali kontent situs," katanya. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar