About

Information

Selasa, 14 Mei 2013

Mercedes-Benz G-Wagen Berkemampuan Sangar

Sabtu, 11 Mei 2013 - 02:23:22 WIB
Mercedes-Benz G-Wagen Berkemampuan Sangar
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Di tanah air, bagi mereka yang gemar dengan Mercedes-Benz G-class (G-Wagen) pastilah teringat dengan masa pemerintahan orde baru. Bisa begitu karena SUV Jerman ini lazim digunakan oleh pengawal kepresidenan (militer) pada masa itu. 

Itulah sekilas masa lalu hubungan kedekatan antara Mercedes-Benz G-class dengan lingkungan militer. Menyeberang ke Benua Australia, pihak militer di sini juga punya kendaraan serupa. Bahkan pada tahun 2008, mereka (militer Australia) memesan langsung ke pabrikan Mercedes-Benz dengan spesifikasi yang “ajaib” yakni berbentuk SUV double cabin berpenggerak 6 roda! 

Melihat bentuknya yang aneh (karena berpenggerak 6X6) dan kemampuannya untuk melibas segala medan jalan membuat banyak mata publik yang memperhatikan produk “aneh” pabrikan mobil Jerman ini. Belakangan malah banyak konsumen loyal Mercedes-Benz yang minta dibuatkan produk serupa. 

Gayung bersambut, Mercedes-Benz pun akhirnya menawarkan G-wagen 6X6nya untuk pasar global, yakni versi sipilnya. Konsumen yang memesan kendaraan 6 roda ini datang dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan kolektor mobil sampai dengan raja-raja minyak dari Timur Tengah. Benar-benar sebuah fenomena baru bagi sebuah produk SUV yang dibuat secara terbatas jumlahnya.

Bagaimana dengan spesifikasinya? Menurut informasi dari topgear.com, G-wagen 6X6 ini akan dibangun dari platform versi militer. Artinya untuk mengatasi berbagai medan jalan, SUV ini akan dilengkapi gardan portal, low range ratio gear pada transfercasenya, system pompa ban terintegrasi (dioperasikan dari dalam kabin), 5 differential lock dan 6 roda berdiameter 37 inci tentunya. 

Dengan dimensi panjang 5,85 m dan tinggi 2,3 m, G-wagen 6X6 ini memiliki bobot mencapai 3,85 ton! Tentunya butuh tenaga besar untuk menggerakan double cabin 6 roda ini. Mengintip ke ruang mesin, anda akan melihat sebongkah mesin V8 twin turbocharged bersemayam dengan gagah. Mesin berkapasitas murni 5.461 cc ini dapat memuntahkan tenaga sebesar 540 bhp dengan torsi puncak sebesar 561 lb ft. 

Tenaga sebesar ini disalurkan ke 6 roda melalui transmisi 7 speed dual clutch. Untuk menghadapi berbagai medan jalan yang ekstrim, tenaga yang dihasilkan dibagi ke 3 gardan dengan komposisi 30 : 40 : 30. Dengan semua spesifikasinya ini, G-wagen 6X6 bisa ngebut 0 – 62 mph dalam waktu 7 detik saja dan top speednya sekitar 100 mph (160 km/jam).

Beralih ke sisi interiornya, anda akan disambut oleh 4 buah jok kulit yang dilengkapi heater. Paduan serat karbon dan Alcantara mendominasi mulai dari panel pintu, dashboard, sampai ke plafon. Fasilitas in car entertainmentnya terintegrasi dengan navigasi satelit. Sungguh menyiratkan kesan mewah dan eksklusif.

G-wagen 6X6 untuk versi sipil ini secara keseluruhan akan diproduksi dan dituning oleh tuner resmi Mercedes-Benz, yakni AMG. Anda berminat? Di pasar global, SUV mewah berkemampuan sangar ini ditawarkan dengan harga sekitar US$ 300.000 dengan lama pemesanan sekitar 6 bulan. Mahal? Bagi seorang car enthusiast harga ini sebanding dengan gengsi dan performanya. (K-4/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar