About

Information

Selasa, 14 Mei 2013

Novartis Dan Kopassus Bersihkan Kali Ciliwung

Selasa, 14 Mei 2013 - 12:14:34 WIB
Novartis Dan Kopassus Bersihkan Kali Ciliwung
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Jakarta) - Banjir yang yang melanda Jakarta dan dampaknya pada kesehatan para korban saat ini sudah menjadi perhatian publik dan kepedulian sesama.

Pasalnya peristiwa banjir ini tidak saja merugikan secara materil, namun permasalahan ini juga membawa kerugian imateril bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai.

Hal ini disampaikan Presiden Direktur PT. Novartis Indonesia, dr. Luthfi Mardiansyah dalam acara tahunan kolaborasi Novartis dengan Kopassus dalam membersihkan Sungai Ciliwung dan menanam pohon di bantaran Sungai Ciliwung, Selasa (14/05).   

"Ini merupakan upaya awal perusahaan untuk mendukung pemerintah meningkatkan kebersihan lingkungan sehingga dapat membantu memperbaiki kualitas hidup penduduk sekitar," ujar Lutfi.

Lutfi menjelaskan bahwa Novartis Community Partnership Day (NCPD) 2013 merupakan inisiatif global Novartis yang dilaksanakan setiap tahun dan setiap orang terutama karyawan diwajibkan untuk mendedikasikan waktunya untuk melakukan kegiatan sosial.

"Melalui kolaborasi dengan Kopasus kami ikut serta dalam green, clean and healty dan akan melakukan kegiatan berupa pembersihan bantaran kali dan penanaman 1.000 pohon," lanjutnya.
 
Selain itu Letkol Inf I Gusti Putu Danny, Wasintel Kopassus mengatakan Sebelumnya Pemerintah Daerah DKI Jakarta juga telah menyatakan bahwa pemulihan bantaran Sungai Ciliwung merupakan program prioritas.

"Ini merupakan tujuan akhir yakni menjadikan kawasan tersebut sebagai daerah ekowisata di masa mendatang," ujar Danny.

Ia juga menjelaskan bahwa sebetulnya Kopassus ini punya pembinaan teritorial terbatas, bintertas, satuan tempur bukan satuan wilayah.

"Kita harus peduli, apa yang kita lakukan ini penanaman, pembersihan sungai, salah satu sisi memberikan ekowisata yang edukatif, air sumber kehidupan sangat penting. Kita kerjasama hulu sungai kali Ciliwung," lanjutnya.

Danny menjelaskan bahwa pihaknya juga telah melakukan penanaman pohon yang dilakukan di sepanjang bantaran kali Ciliwung sekitar 7 km.

"Sebenarnya bukan banyaknya pohon juga yang ditanam namun bagaimana cara kita merawat pohon yang kita tanam agar menjadi bermanfaat. Namun sebelumnya kami serta para pelajar, anggota pramuka juga telah melakukan penanaman pohon sebanyak 40 ribu pohon mulai dari jembatan Depok Gunadarma hingga TB Simatupang," lanjutnya.

Sementara itu Walikota Jakarta Timur juga mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan kolaborasi ini. Pihaknya berharap agar seluruh warga juga harus ikut peduli dalam menjaga kebersihan kali Ciliwung.

"Sungai Ciliwung sebenarnya wilayah yang indah namun jika tidak di-manage tempat ini tidak elok lagi. Dan peduli bagaimana ciliwung ini menjadi lingkungan yang bersih dan indah," pungkasnya.

Dirinya berharap agar kegiatan seperti penghijauan ini terus dilakukan terutama masyarakat harus lebih peduli terhadap lingkungannya. (K-2/Shilma)

0 komentar:

Posting Komentar