About

Information

Jumat, 17 Mei 2013

Sekjen PBB Bertemu Presiden Rusia

Jumat, 17 Mei 2013 - 14:32:16 WIB
Sekjen PBB Bertemu Presiden Rusia
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Moskow) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon, Jumat (17/05) akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov di resor Rusia selatan Sochi. Pembicaraan diperkirakan akan fokus mengenai situasi di Suriah, demikian laporan RIA Novosti.

Ban sebelumnya mengatakan kepada RIA Novosti dalam satu wawancara bahwa ia berharap untuk membahas masalah penyelesaian Suriah selama kunjungannya ke Rusia dengan memperhitungkan peran penting negara itu dalam urusan internasional.

Sekitar 70.000 orang telah tewas di Suriah sejak awal pemberontakan terhadap Presiden Bashar al-Assad, menurut hitungan PBB. Rusia, bersama dengan China, telah menghadapi kecaman luas karena penolakannya untuk menyetujui sanksi PBB terhadap rezim Bashar.

Moskow telah berulang kali menyatakan tidak memiliki kepentingan dalam melihat Bashar tetap berkuasa, tetapi agak khawatir bahwa sanksi sepihak akan menciptakan kekosongan kekuasaan yang akan mengakibatkan lebih banyak kekerasan. Kepala PBB di Rusia mengunjungi Rusia pada 16-19 Mei. Ini adalah kunjungan keenam Ban ke Rusia, yang sebelumnya dilakukan pada April 2011.

Layanan pers presiden mengatakan pembicaraan Sochi akan menyinggung situasi di Timur Tengah, Afrika Utara, di Semenanjung Korea dan sekitar program nuklir Iran, konflik Mali, penyelesaian Siprus, peran koordinasi PBB dalam memerangi terorisme dan ancaman narkoba serta masalah lainnya.

Kementerian Luar Negeri Rusia sebelumnya mengatakan, pihaknya akan membahas dengan Ban aspek-aspek sosial dan ekonomi kegiatan PBB dan rencana pembangunan organisasi setelah 2015. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar