About

Information

Selasa, 14 Mei 2013

Suku Dani Jadi Petugas Sensus di Puncak

Selasa, 14 Mei 2013 - 13:03:49 WIB
Suku Dani Jadi Petugas Sensus di Puncak
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Tradisi 


Komhukum (Jayapura) - Warga suku Dani akan dijadikan petugas sensus pertanian khusus untuk wilayah Kabupaten Puncak dan Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Kepala Seksi Statistik Pertanian BPS setempat Bambang Wahyu kepada wartawan di Jayapura, Selasa (14/05) mengatakan kekhususan ini untuk keamanan dan menghindari kecurigaan sebab ada sentimen suku akibat perang antarsuku.

"Untuk menghindari adanya kecurigaan dan kesalahpahaman lagi, akhirnya suku Dani dipilih sebagai petugas sensus sebagai suku yang netral," ujar Bambang.

Bambang menjelaskan, seharusnya dari empat petugas sensus pertanian, satu diantaranya merupakan pegawai Kantor BPS setempat atau dipilih berdasarkan perekrutan di tempat lain dan dilatih secara khususnya sebagai koordinator. Tetapi, karena situasi di Kabupaten Puncak dan Puncak Jaya, akhirnya BPS setempat harus memilih kembali petugas sensusnya yang merupakan masyarakat suku Dani.

"Jadi biarpun masyarakat Papua yang jadi petugas, tetapi bukan suku Dani tetap tidak bisa," tegasnya.

Sehingga, Bambang melanjutkan, selain faktor transportasi yang mahal karena menggunakan pesawat, faktor keamanan juga menjadi kendala pelaksanaan sensus pertanian di beberapa wilayah di Papua.

"Akhirnya petugas pun diambil dari masyarakat setempat," imbuhnya.

Bambang menambahkan, untuk mempermudah koordinasi antara petugas dan BPS setempat, pihaknya menggunakan layanan "short message service (SMS) gateaway" setiap tanggal kelipatan 5.

"Misalnya, tanggal 5 Mei lalu kami sudah mendapat laporan, maka tanggal 10 Mei kami akan kembali mendapatkan laporan," urainya.

Data sementara sensus pertanian di wilayah Papua juga bisa dilihat di link www.monitoringbps.co.id. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar