About

Information

Rabu, 19 Juni 2013

BBM Naik, KSPI Percepat Lakukan Mogok Nasional

Rabu, 19 Juni 2013 - 19:45:12 WIB
BBM Naik, KSPI Percepat Lakukan Mogok Nasional
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Jakarta) - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia menyatakan siap konsolidasikan mogok nasional terkait disetujuinya rencana pemerintah menaikan harga BBM oleh DPR RI.
 
Ketua Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan (KEP) KSPI Jawa Barat, Marmin Hartono menyatakan, besok Rabu 19 Juni 2013, Dewan eksekutif Nasional KSPI akan melakukan rapat khusus untuk merumuskan langkah strategis termasuk persiapan rencana mogok nasional.

KSPI Jawa Barat sendiri siap melaksanakan mogok nasional tanggal 16 Agustus 2013 mendatang. Bahkan menurutnya, KSPI Jawa Barat yang merupakan basis terbesar keanggotan KSPI dan merupakan basis industry terbesar di Indonesia bersedia mempercepat aksi mogok nasional.

Dia menilai kenaikan harga BBM yang telah disetujui DPR ini akan membuat penderitaan buruh baik secara langsung ataupun efek domino terhadap kenaikan harga kebutuhan sehari-hari. 

Menurutnya, kenaikan harga kebutuhan sehari-hari nantinya akan lebih besar dari kenaikan harga BBM sendiri, dan buruh merupakan kelompok pertama yang akan kena imbas kenaikan harga BBM.
 
“Rencananya kami akan mogok nasional tanggal 16 Agustus 2013, tapi akan kami pertimbangkan dimajukan. Sampai pemerintah membatalkan kenaikan harga BBM sehingga Buruh dan rakyat kecil tidak terkena dampak dari kenaikan harga BBM," terangnya.
 
Hal yang sama diungkapkan Panglima Koordinator Nasional (Pangkornas) Garda Metal yang selama ini menjadi garda terdepan perjuangan KSPI Baris Silitongga.

Menurutnya, menyikapi kenaikan harga BBM yang disetujui oleh pemerintah, Garda Metal yang mempunyai ribuan pasukan khusus telah menyiapkan beberapa agenda untuk persiapan Mogok Nasional, diantaranya; menyiapkan kampanye ke berbagai kawasan industri agar para pekerja dapat optimal keluar dari pabrik menolak kenaikan harga BBM.

Selain itu, lanjut dia, Garda Metal juga akan menyiapkan aksi massa yang jauh lebih besar di beberapa daerah terutama di kawasan industri sendiri untuk menolak kenaikan harga BBM. Karena di kawasan tersebut merupakan jantung pusatnya ekonomi.
 
“Maka dari itu, sambil menunggu keputusan Rapat Dewan Eksekutif Nasional KSPI,  saya telah menginstruksikan kepada seluruh anggota Garda Metal se-Indonesia untuk mengkonsolidasikan buruh-buruh lainnya untuk melakukan perlawanan yang kemungkinan besar akan melakukan mogok di semua lini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, setelah DPR menyetujui RAPBN-P 2013, buruh tetap bergerak menolak kenaikan harga BBM yaitu dengan melakukan aksi kembali serempak di seluruh Indonesia pada hari Jumat 21 Juni Pukul 09.00 WIB di kantor DPRD dan Bupati masing-masing dengan tuntutan tolak kenaikan harga BBM, naikan upah minimum 2014 sebesar 50%.

Sebagai persiapan mogok nasional di Jakarta, aksi dilakukan di Istana, Kawasan Industri Pulogadung), Bogor, Depok, Tangerang, Serang, Cilegon, Karawang, Purwakarta, Subang, Cimahi, Bandung, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan, Gresik, Probolinggo, Medan, Deli, Aceh, Batam, Bintan, Karimun, Gorontalo, Makasar dan Manado. (K-2/Roy)

0 komentar:

Poskan Komentar