About

Information

Selasa, 02 Juli 2013

Biaya Order PRT Indonesia di Malaysia Rp. 24 Juta

Selasa, 02 Juli 2013 - 12:18:56 WIB
Biaya Order PRT Indonesia di Malaysia Rp. 24 Juta
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Kuala Lumpur) - Biaya pengambilan pembantu rumah (PRT) asal Indonesia akan dinaikkan dari 4,5 ribu ringgit menjadi 8 ribu ringgit (lebih kurang 24 juta rupiah-red), kata Wakil Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin.

Muhyiddin mengatakan, pemerintah Malaysia menyepakati penetapan biaya pengambilan PRT Indonesia itu setelah memperhitungkan segala biaya yang dikeluarkan kedua belah pihak.

"Ini sudah dikaji oleh semua pihak termasuk Indonesia. Mereka minta dengan alasan tidak mungkin mempertahankan biaya sebelumnya," katanya seperti dikutip berbagai media lokal di Kuala Lumpur, Selasa (2/07).

Muhyiddin mengakui biaya tersebut sesuai meski dinilainya cukup tinggi. "Itu biaya yang kita setujui dengan perbandingan dengan negara penerima lain," katanya.

Keputusan penetapan biaya tersebut merupakan salah satu butir dalam nota kesepahaman 2011 antara Malaysia dan Indonesia mengenai pekerja domestik asal Indonesia, yang tertangguh pelaksanaannya sebelum ini.

Ia mengatakan, perubahan struktur biaya itu dibuat setelah memperhitungkan biaya pelatihan 200 jam, dokumen perjalanan, makanan dan penginapan sebelum diserahkan ke majikan.

Peningkatan biaya tersebut juga sudah termasuk biaya transportasi, pemeriksaan kesehatan, serta bayaran kepada agen di kedua negara.

Sementara itu, pihak berwenang juga memutuskan supaya kebijakan gaji minimum 2012 tidak dikenakan untuk pekerja asing yang menggunakan visa lawatan kerja kerja sementara (PLKS).

Pemerintah juga memutuskan untuk tidak lagi mengeluarkan Journey Perform Visa (JP Visa) mulai 1 Oktober 2013.

JP Visa dikeluarkan untuk WNI yang memasuki Malaysia dengan visa kunjungan sosial untuk mendapat pekerjaan di Malaysia.

Sebelumnya, Persatuan Agensi Pembantu Rumah Asing Malaysia (PAPA) mengumumkan, biaya pengambilan pembantu rumah Indonesia ditetapkan pada 6.500 ringgit. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar